Bertambah 8 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kendari Jadi 12 Orang

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 09 April 2020
0 dilihat
Bertambah 8 Kasus, Total Positif COVID-19 di Kendari Jadi 12 Orang
Jubir Tim Gugus Tugas Penanganan pencegahan wabah virus COVID-19 di Kota Kendari dr. Alghazali Amirullah (tengah). Foto: Musdar/Telisik

" Tambahan 8 orang yang baru tertular ini merupakan keluarga atau kerabat dari dua pasien sebelumnya yang pernah melakukan kontak langsung. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari mengumumkan kasus pasien positif COVID-19 bertambah menjadi 12 kasus.

12 kasus tersebut dengan rincian 1 pasien sembuh dan 11 lainnya dalam perawatan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Kendari mencatat ada tambahan 8 kasus baru, seletah sebelumnya ada 4 kasus positif.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dr Algazali Amirullah mengatakan, 8 kasus baru tersebar di 4 kecamatan di Kota Kendari, yakni Kecamatan Kadia, Kecamatan Baruga, Kecamatan Wua-wua, dan Kecamatan Puuwatu.

Baca juga: Positif COVID-19 di Sultra Bertambah 5, Total 14 Kasus Positif

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari ini merincikan 8 kasus baru tersebut terdiri dari, perempuan 65 tahun dari Kecamatan Kadia, perempuan 45 tahun dan 25 tahun dari Kecamatan Puuwatu, perempuan 37 dan 48 tahun dari Kecamatan Baruga, laki-laki 28 tahun dan 46 tahun dari Kecamatan Wua-wua, dan perempuan 26 tahun dari Kecamatan Wua-wua.

"Tambahan 8 orang yang baru tertular ini merupakan keluarga atau kerabat dari dua pasien sebelumnya yang pernah melakukan kontak langsung," beber Algazali, Kamis (9/4/2020).

Selanjutnya 8 Pasien baru tersebut akan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pendampingan tenaga medis untuk diberikan perawatan.

Baca juga: Kekhawatiran COVID-19 Dinilai Berlebihan dan Akal-akalan Melegalkan Perampokan Uang Daerah

Sementara kebutuhan para pasien pun akan menjadi tanggungan pemerintah yang diantarkan langsung ke rumah oleh petugas, sehingga mereka yang positif tidak perlu lagi keluar rumah.

"Para pasien yang positif maupun keluarga yang telah positif ini kami minta bisa menjelaskan secara jujur tentang siapa saja orang yang telah kontak langsung dengannya agar dilakukan pemetaan, sehingga virusnya tidak semakin meluas," tambah Alghazali.

Dengan meningkatkan jumlah pasien yang terinfeksi, masyarakat diharapkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dengan tetap berada di rumah serta meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Imbauan ini terus digalakkan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kota Kendari.

 

Reporter: Musdar

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga