Bertemu Anies Baswedan di Mekkah, Ini 5 Aturan Gila Pangeran MBS Bikin Arab Saudi Aneh

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 30 Juni 2023
0 dilihat
Bertemu Anies Baswedan di Mekkah, Ini 5 Aturan Gila Pangeran MBS Bikin Arab Saudi Aneh
Anies Baswedan pamer foto bareng dengan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud. Foto: Instagram Anies Baswedan

" Bakal calon Presiden (Bacapres) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Anies Baswedan, pamer foto bareng dengan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS) "

MEKKAH, TELISIK.ID - Bakal calon Presiden (Bacapres) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Anies Baswedan, pamer foto bareng dengan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS).

Foto itu diunggah Anies melalui akun instagram pribadinya. Foto tersebut diketahui diambil dari wilayah Mina, Makkah, Saudi Arabia. Saat ini Anies pun tengah menjalankan ibadah haji.

"Sejatinya haji adalah "panggilan" dari Allah SWT. Kami semua adalah Tamu Allah, jamaah haji yg sedang berada di Mina ini adalah Tamu Allah. Kami semua menjawab "panggilan" itu dengan talbiyah: Labaik Allahuma Labaik; aku datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah," ujar Anies Baswedan dilansir dari Viva.co.id.

Dalam unggahannya, Anies Baswedan tampak mengenakan batik bermotif dan dilengkapi dengan kopyah berwarna hitam. Anies dan Pangeran Muhammad Bin Salman Al Saud pun tampak saling melontarkan senyuman ketika bersalaman.

Baca Juga: Wali Kota Negara Ini Minta Warga Hidup Bersama 6 Juta Tikus, Lebih Banyak Dibanding Manusia

Keduanya saling bertemu pada Kamis 29 Juni 2023 kemarin ketika umat Muslim tengah merayakan hari Raya Idul Adha.

"Sejak 8 Dzulhijah, para tamu raja ditempatkan di Mina Hospitality Palace, sekitar 10 menit dari bangunan utama Istana Raja di Mina. Kompleks istana ini ada di sisi barat daya kawasan Mina," kata Anies.

Namun di balik pertemuan keduanya, ternyata pangeran MBS memiliki aturan gila selama ia memegang mahkota. Berikut Telisik.id merangkumnya:

1. Izin Memakai Bikini di Pantai

Kawasan King Abdullah City merupakan salah satu kota di mana aturan syariat Islam dilonggarkan, salah satunya soal sosial dan budaya. Pihak berwenang Saudi mengizinkan pemakaian baju renang termasuk bikini di pantai-pantai privat mereka.

Melansir CNNIndonesia.com, para wanita yang berada di kawasan ini diizinkan untuk mengenakan pakaian renang bikini di pantai-pantai privatnya.

Berdasarkan laporan AFP, pria dan perempuan yang belum menikah atau non-muhrim juga diperkenankan bercengkrama di depan publik selama berada di pantai di kawasan tersebut.

2. Perempuan Boleh Masuk Militer

Pemerintah Saudi juga memperbolehkan perempuan mendaftar ke Angkatan Bersenjata. Mereka yang telah berusia 21 hingga 40 tahun diperkenankan untuk mendaftar militer. Aturan ini telah disahkan Arab Saudi sejak Februari 2021 lalu.

Baca Juga: Warga Korea Utara Mati Kelaparan, Kekayaan Kim Jong Un Tembus Rp 74 Triliun

3. Turis Asing Non-Muhrim Diizinkan Menginap Sekamar

Pada 2019 lalu, Arab Saudi melegalkan wanita dan pria asing yang bukan muhrim tinggal bersama selama berlibur di negara kerajaan. Aturan yang sebelumnya dilarang keras ini telah dilegalkan Saudi demi menarik minat wisatawan internasional.

4. Perempuan Boleh Mengganti Nama tanpa Izin Wali

Arab Saudi juga telah mengizinkan perempuan berusia 18 tahun mengubah namanya tanpa memerlukan izin wali. Aturan ini sudah berlaku sejak awal 2021 lalu. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga