adplus-dvertising

Berwarga Negara Singapura, Pemerintah China Blacklist Jet Li

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 02 September 2021
5238 dilihat
Berwarga Negara Singapura, Pemerintah China Blacklist Jet Li
Aktor asal China, Jet Li. Foto: Repro AP

" Jet Li adalah seorang aktor film laga, ia juga seorang seniman bela diri asal China "

BEIJING, TELISIK.ID - Jet Li disebut menjadi sasaran blacklist pemerintah China. Aktor itu dilaporkan masuk daftar hitam oleh pemerintah Xi Jinping.

Hal ini dilontarkan seorang sutradara China, Zhou Guogang. Bersamanya, ada juga sejumlah aktor kenamaan lain yang masuk ke list.

Mengutip The Star Malaysia, hal ini terkait kewarganegaraan sang aktor. Pria 58 tahun itu adalah warga negara Singapura.


"Selain Li yang memegang kewarganegaraan Singapura, ada aktris Liu Yifei (WN Amerika), aktor Nicholas Tse (WN Kanada), Zhang Tielin (WN Inggris), Mark Chao (WN Kanada), penyanyi Will Pan (WN Amerika) dan Wang Leehom (WN Amerika)," tulis media itu, dilansir dari Cnbcindonesia, Kamis (2/9/2021).

Sebenarnya ada satu nama lain yang juga termasuk. Ia adalah pemeran serial Putri Huanzhu, Vicky Zhao.

Ia dan suaminya pebisnis Huang Youlong adalah penduduk tetap di Singapura. Netizen berspekulasi ini juga terkait hubungan bisnis pasangan tersebut dengan taipan teknologi China, Jack Ma.

Sayangnya daftar ini belum bisa diverifikasi. Dugaan sementara data itu bocor dari Administrasi Radio dan Televisi Nasional China.

Dilansir dari Tirto.id, Jet Li adalah seorang aktor film laga, ia juga seorang seniman bela diri asal China. Saat ini ia menetap di Singapura dan telah menjadi warga negara Singapura. Laki-laki kelahiran Beijing ini memulai berkarir di dunia film sejak tahun 1982.

Li memenangkan kejuaraan nasional wushu pertamanya ketika ia berusia 11 tahun, ia pensiun dari dunia olahraga ketika menginjak usia 17 tahun, lalu membuat debut pertamanya di film Shaolin Temple yang membuatnya menjadi bintang di negara asalnya.

Sejak tahun 1994, dia telah pergi bolak-balik antara film China dan bahasa Inggris, membintangi Hollywood Romeo Must Die, Kiss of the Dragon dan The Forbidden Kingdom.

Baca Juga: Saipul Jamil Bebas Murni Hari Ini, Siap Eksis dengan Konten YouTube Prank

Baca Juga: Mau Dapat Uang dari Twitter? Begini Caranya

Pada tahun 1998, Li mendapatkan peran bahasa Inggris pertamanya. Ia memerankan karakter orang jahat di Lethal Weapon 4 bersama Mel Gibson dan Danny Glover. Ia pindah ke Los Angeles untuk bermain film, di mana ia menjalani pelatihan bahasa secara intensif untuk mempersiapkan perannya sebagai bos kejahatan China.

Li beruntung karena bisa berlaga dalam film The Mummy waralaba, Li memainkan peran sebagai seorang kaisar China brutal. Meskipun diejek oleh para kritikus, film ini mencetak lebih dari $ 100 juta di box office.

Sejak 2013, Jet Li didiagnosis menderita hipertiroid. Pada awal 2017, Jet Li kembali ke hadapan publik saat meluncurkan laman video seni bela diri, jetli.com. Juni 2017, dikabarkan Jet Li sudah tidak bisa berjalan dan hanya bisa duduk di kursi roda akibat penyakit yang dideritanya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga