Berwisata Sambil Berburu Tuah di Sentono Gentong

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Sabtu, 14 Januari 2023
0 dilihat
Berwisata Sambil Berburu Tuah di Sentono Gentong
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat berada di sekitaran Sentono Gentong membeberkan eksotisme kawasan tersebut untuk jujugan wisata di Pacitan. Foto: Ist.

" Sentono Gentong seperti orkestra semesta alam karena memiliki keindahan alam lengkap yang berpadu dengan sejarah dan spritual "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sentono Gentong yang berada di Pacitan merupakan salah satu destinasi wisata alam dan religi yang menjadi salah satu andalan wilayah ujung wilayah Pulau Jawa tersebut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga termasuk salah satu pengunjung objek wisata tersebut. Menurut Khofifah, Sentono Gentong seperti orkestra semesta alam karena memiliki keindahan alam lengkap yang berpadu dengan sejarah dan spritual.

Di sini, kata dia, masyarakat bisa menikmati pemandangan laut dan pantai, perkotaan, perbukitan, pegunungan hingga gua-gua. Tak cuma menyajikan wisata alam, Sentono Gentong juga merupakan spot paralayang.

"Jatim ini banyak sekali tempat yang menyuguhkan keindahan bagi penikmat wisata alam, religi, kuliner, hingga tantangan bagi para  penikmat dan atlet paralayang yang di Sentono Gentong  dibuka biasanya sekitar bulan Maret menyesuaikan arah angin. Sentono Gentong ini wisata yg memiliki sejarah yang kuat. Ini bisa dibilang wisata alam ya alam, religi ya religi, olahraga ya olahraga," ujarnya, Sabtu (14/1/2023).

Baca Juga: Indahnya Kolam Loka Mandiri Konawe yang Mirip Pulau Bali

Mantan Mensos tersebut mengatakan, sebagai wisata religi, Sentono Gentong merupakan kawasan petilasan. Di dalamnya terdapat gentong berisi tulang-tulang yang dibawa oleh Syekh Subakir dari Persia untuk menangkal roh jahat di Pulau Jawa agar Agama Islam dapat berkembang.

"Tempat ini kental dengan cerita tentang Syeikh Subakir. Dulu kabarnya banyak jin yang mengganggu proses pembangunan dan perkembangan agama Islam di Nusantara. Kisah Syekh Subakir seperti dalam Babad Tanah Jawi ini tertanam sangat kuat sekali, dan juga mencontohkan harmonious partnership," jelasnya.

Baca Juga: Telaga Ngebel Ponorogo Jadi Andalan Wisata Kota Reog di Jawa Timur

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, konektivitas ke Kabupaten Pacitan dan daerah Mataraman lain memerlukan perhatian khusus. Dengan itu, keindahan Pacitan bisa lebih dipromosikan, sehingga wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, bisa menikmati indahnya pesona wisata Pacitan.

"Gua-gua di Pacitan ini juga cukup banyak. Mulai dari wisata alam, religi, kuliner, olahraga, banyak sekali yang bisa dijual oleh Pacitan. Terutama yang terpenting adalah pembangunan infrastruktur dan menarik investor yang tepat. Dengan itu, semua wisatawan dapat makin menikmati keindahan Pacitan, baik wisatawan lokal atau internasional," tutupnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga