adplus-dvertising

Besarnya Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Haerani Hambali, telisik indonesia
Jumat, 17 Juni 2022
340 dilihat
Besarnya Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat
Pada hari Jumat Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Foto: Repro digizakat.com

" Allah SWT memerintahkan kita bersedekah kapanpun, di manapun dengan cara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi "

KENDARI, TELISIK.ID - Sedekah adalah salah satu amalan mulia yang sangat dicintai Allah SWT. Sedekah merupakan salah satu perwujudan dari rasa syukur atas segala karunia dari Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT:

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al Baqarah 2 ayat 254).


Mengutip mui.or.id, ayat di atas menganjurkan kepada kita semua untuk senantiasa bersedekah dengan rezeki yang diberikan Allah SWT, jangan sampai kita menjadi Muslim yang selalu menunda amal saleh, hingga akhirnya keadaan menghalangi niat kita. Boleh jadi disebabkan oleh niat yang mulai surut dan terlalu banyak kesibukan.

Sedekah tentunya mempunyai banyak manfaat baik dalam kehidupan di dunia ataupun di akhirat, sebagaimana balasan yang akan Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan kepada orang yang bersedekah tercantum dalam QS Al Baqarah ayat 261:

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui.”

Dilansir dari nu.or.id, Allah memuji orang yang bersedekah. Sebagaimana dalam firman-Nya:

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al-Baqarah ayat 3).

Baca Juga: 5 Keutamaan Sifat Dermawan, Harta Tak Habis hingga Jaminan Surga

Sedekah dapat dilakukan oleh seorang Muslim baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi tergantung niat kita, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahamengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Baqarah ayat 271).

Dapat kita pahami dari ayat di atas bahwa sedekah dapat dilakukan kapan saja dan dengan cara apapun, akan tetapi ada hari yang baik di mana seluruh Muslim dianjurkan untuk bersedekah pada hari itu, yakni pada hari Jumat.

Di dalam beberapa hadits, disebutkan anjuran khusus untuk bersedekah di hari Jumat.

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Dikutip dari harkahislamiyah.com, Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan: "Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya."

Baca Juga: Bolehkah Berkurban untuk Orang yang Sudah Meninggal? Ini Penjelasannya

Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah di hari Jumat. Beliau berkata: "Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadan dibandingkan bulan-bulan lainnya."

“Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak zikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

Hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, hal ini antara lain dikarenakan karena hari Jumat merupakan hari raya umat Muslim. Pada hari Jumat Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. (C)

Penulis: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga