adplus-dvertising

BI Keluarkan Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu di Hari Kemerdekaan

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 17 Agustus 2020
2057 dilihat
BI Keluarkan Uang Baru Pecahan Rp 75 Ribu di Hari Kemerdekaan
Uang baru pecahan Rp 75 Ribu. Foto: Ist.

" Ini sebagai wujud syukur kemerdekaan RI, meski saat ini menghadapi wabah COVID-19. "

JAKARTA , TELISIK.ID - Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-75, Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hari ini meluncurkan uang kertas pecahan Rp 75.000 yang dilakukan secara virtual.

Peluncuran uang khusus rupiah ini dihadiri oleh seluruh jajaran kabinet Indonesia Maju dan sejumlah gubernur juga petinggi negara serta Dubes negara sahabat, ketua anggota komisi XI DPR RI.

Menkeu, Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya memastikan uang khusus yang dicetak pada tanggal 17 Agustus 2020 ini berbentuk uang cetak, untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah berumur 75 tahun.


"Peluncuran uang khusus ini memperingati peristiwa yang dalam hal ini peringatan kemerdekaan yang ke 75 tahun. Kali ini dirayakan secara bersama-sama untuk menerbitkan uang kemerdekaan 75 dan berbentuk uang kertas pecahan Rp75.000," ujar Sri Mulyani di dalam konferensi pers secara virtual, Senin (17/8/2020).

Ditegaskan, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, bukan pencetakan uang baru untuk peredaran di masyarakat, bukan dalam likuidatas perbankan, tapi peluncuruan uang itu dalam rangkah peringatan peristiwa dalam hal ini peringatan HUT RI ke 75 tahun.

Adapun total uang diterbitkan dalam penerbitan uang pecahan Rp 75.000 yaitu sebanyak 75 juga rupiah yang ditanda tangani Menteri Keuangan mewakili Pemerintah dan Gubernur BI.

Baca juga: Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Berlangsung Sederhana

“Ini sebagai wujud syukur kemerdekaan RI, meski saat ini menghadapi wabah COVID-19,”ujarnya.

Foto Bung Soekarno dan Bung Hatta dipilih menghiasai uang pecahan Rp 75.000. “Momentum ini harus kita manfaatkan untuk membangun optimisme dalam mengisi kemerdekaan, meski dalam kehidupan bernegara menghadapi tantangan termasuk COVID-19,” tuturnya.

Dikatakan, peluncuran uang Rp 75.000 ini sebagai simbol kebangkitan dan optimistisme untuk terus memajukan bangsa.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, rupiah sebagai mata uang tak hanya menjadi alat pembayaran yang sah, tapi lebih dari itu, rupiah menjadi lambang kedaulatan negara, rupiah wujud kemandirian bangsa Indonesia.

“Setiap lembar rupiah mengandung identitas kita sebagai bangsa Indonesia yang perlu terus dipertahankan. Rupiah kita harus lestarikan dan banggakan. Sebagai wujud syukur Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun, Pemerintah dan BI mengeluarkan uang rupiah pecahan Rp 75.000, menjadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia,” tandasnya.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga