adplus-dvertising

Biografi Ustadz Khalid Basalamah, Pendakwah Doktor Berdarah Arab-Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 22 Februari 2022
17157 dilihat
Biografi Ustadz Khalid Basalamah, Pendakwah Doktor Berdarah Arab-Indonesia
Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. Foto: Repro detik.com

" Penamaan marga Basalamah dipilih berdasarkan kabilah, tempat, asal, sejarah dan juga kebiasaan serta sifat nenek moyang tersebut "

JAKARTA, TELISIK.ID - Indonesia merupakan negara yang tumbuh subur dakwah Islam. Berbagai pendakwah pun bebas berdakwah hingga pelosok negeri.

Salah satu pendakwah yang cukup familiar adalah Ustadz Khalid Basalamah. Sebagaimana dikutip dari wikipedia.org, Ustaz Khalid memiliki nama lengkap Dr Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A.

Pria yang lahir 1 Mei 1975 ini adalah seorang ustaz Salafi dan pengusaha kayu. Ia duduk sebagai dewan penasihat syariah sekolah Rahmatan Lil 'Alamin Boarding School di Kabupaten Solok, Sumatra Barat.


Melansir kabarbanten.com, gelar Basalamah yang ada di akhir nama beliau diambil dari nama marga. Marga Basalamah merupakan salah satu nama marga yang diambil dari Arab Hadramaut yang merujuk pada nama keluarga keturunan bangsa Arab. Yang berasal dari Hadramaut Yaman. Letaknya berada di Jazirah Arab bagian selatan.

Penamaan marga Basalamah dipilih berdasarkan kabilah, tempat, asal, sejarah dan juga kebiasaan serta sifat nenek moyang tersebut.

Ustadz Khalid Basalamah menyelesaikan Studi S1 nya di Universitas Madinah. Sementara gelar Magister, beliau selesaikan di Universitas Muslim Indonesia. Sementara gelar doktornya diperoleh di Universitas Tun Abdul Razaq Malaysia.

Ustadz Khalid Basalamah merupakan salah satu ustadz yang sangat berpegang teguh dengan ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yang disebarkan oleh Sahabat, Tabiiin dan juga para Imam empat.

Baca Juga: Mengenal Tukul Arwana, Berjuang dari Bawah hingga Jadi Pelawak Sukses

Sementara salah satu metode dakwah yang Ustadz Khalid Basalamah sampaikan adalah dengan mengupas beberapa kitab yang mengandung beberapa dalil shahih dan juga bisa dipertanggung jawabkan sanadnya. 

Diantara beberapa kitab yang telah beliau sampaikan kepada setiap jamaah yang hadir dalam setiap majelis beliau adalah Kitab Bulughul Marom dan Kitab Minhajul Muslim.

Sanad keilmuan yang dimiliki oleh Ustadz Khalid Basalamah bisa dibilang sangat bagus dan juga bersambung dengan Rasulullah, karena beliau belajar dari ulama Kontemporer kemudian Ulama Salaf, Sahabat dan juga langsung kepada Rasulullah.

Selain itu, Ustadz Khalid Basalamah juga mendalami ilmu agama di pusatnya sendiri yaitu di Madinah dan juga Makkah sehingga beliau bisa faham dan juga mengerti langsung dari beberapa ulama yang langsung ada di sana.

Baca Juga: Mengenal Al-Battani Tokoh Muslim Paling Berjasa di Dunia, Penemu 1 Tahun Bumi 365 Hari

Kemudian saat di Makah dan juga Madinah setiap orang yang belajar langsung bisa memahami fikih secara total karena fikih empat madzhab juga diajarkan di sana.

Selain itu, mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, Ustaz Khalid Basalamah adalah pendakwah bergelar Doktor dan berdarah Arab-Indonesia.

Ia dikenal lewat ceramah-ceramahnya yang sering beredar di sosial media. Ustaz Khalid Basalamah bahkan memiliki laman websiter tersendiri yang berisi ceramah-ceramahnya lewat khbofficial.com.

Selain sebagai ustadz, Khalid memiliki beberapa aktifitas bisnis, seperti sebagai Direktur PT. Ajwad yang bergerak di bidang bisnis kayu gaharu, Ajwad Gold, Ajwad Restoran Timur Tengah, Ajwad Souvenir Timur Tengah (buah tangan haji) yang terletak di Kalibata City Square dan penerbitan buku-buku Islam. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga