Bisa Dicoba, Ini 6 Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 08 Juni 2022
0 dilihat
Bisa Dicoba, Ini 6 Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG
MSG yang siap dipakai sebagai penyebab masakan. Foto: Repro kompas.com

" MSG dianggap mempunyai berbagai risiko yang berkaitan dengan kesehatan. Jangan heran, jika ada orang yang ingin sehat kemudian mencari pengganti MSG untuk penyedap rasa alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyedap rasa makanan yang banyak digunakan sebagian masyarakat adalah MSG atau monosodium glutamate.

Dikutip dari alodokter.com, MSG adalah penyedap rasa yang biasanya ditambahkan pada makanan.

Meski Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO) memasukkan MSG dalam klasifikasi bahan makanan yang “secara umum dianggap aman”, penggunaan zat adiktif  itu tetaplah kontroversial.

MSG dianggap mempunyai berbagai risiko yang berkaitan dengan kesehatan. Jangan heran, jika ada orang yang ingin sehat kemudian mencari pengganti MSG untuk penyedap rasa alami.

Melansir yoursay.id dari doktersehat.com, berikut penyedap alami yang bisa Anda pakai untuk masakan:

1.  Kecap

Ketika Anda menambahkan kecap pada makanan akan menambah cita rasa baru pada makanan tersebut. Kecap bukanlah komponen bumbu yang sulit dijumpai. Meski begitu, Anda bisa mengecek kandungan, apakah mengandung MSG atau tidak.

2. Kaldu Daging

Anda ingin memperoleh cita rasa makanan yang enak tanpa MSG? Anda bisa menggunakan kaldu daging. Tapi ingat, kaldu daging ini hanya bisa atau cocok digunakan untuk makanan tertentu. Rasa yang dihasilkan tentunya sangat mirip dengan MSG. Pasalnya, keduanya sama-sama mengandung glutamat tingkat tinggi serta asam amino yang terdapat pada protein daging.

Baca Juga: Kenali Gejala Decidophobia, Rasa Takut Mengambil Keputusan

3. Keju Parmesan

Kemudian penyedap alami selanjutnya adalah keju parmesan. Parmesan sendiri merupakan keju yang berasal dari Italia. Keju ini tinggi akan MSG alami berkat proses fermentasi. Fermentasi keju menghasilkan pelepasan asam amino saat protein dipecah.

4. Jamur Shitake

Jamur Shitake bisa dijadikan penyedap alami. Jamur ini mengandung konsentrasi glutamate tinggi. Ketika memasak, Anda bisa memasukkan Jamur Shitake. Biasanya penggunaannya digunakan pada makanan yang berhubungan dengan mie. Pastikan bumbu Jamur Shitake yang Anda pilih tidak mengandung MSG!

Baca Juga: Suka Makan Ikan Mujair? Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh

5. Ekstrak Ragi

Ekstrak Ragi merupakan bahan untuk membuat bir dan roti. Penambahan ekstrak ragi dimaksudkan untuk menambah rasa gurih. Ekstrak ragi mengandung asam glutamat sehingga satu sendok saja sudah memberikan rasa gurih yang cukup. Jadi, pastikan untuk menggunakannya secara bijak.

6. Ikan Teri

Siapa sangka, kalau Ikan Teri merupakan salah satu jenis ikan yang kaya akan glutamate. Oleh karena itu, ikan ini bisa menjadi alternatif penyedap alami. Anda bisa menambahkan ke dalam saus, pasta, atau berbagai hidangan lainnya untuk memperoleh rasa yang lezat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga