Bisakah Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Udara? Ini Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 15 Mei 2022
0 dilihat
Bisakah Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Udara? Ini Penjelasannya
Seorang anak sedang menjalani perawatan kesehatan karena diduga terkena hepatitis akut misterius. Foto: Repro Getty Images/iStockphoto

" Saat ini ada dugaan hepatitis akut bisa menular lewat saluran cerna dan pernapasan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang kini harus diwaspadai adalah hepatitis akut misterius, yang penyebabnya juga masih 'misterius' alias belum diketahui pasti.

Melansir detik.com, saat ini ada dugaan hepatitis akut bisa menular lewat saluran cerna dan pernapasan.

Di mana, dugaan tersebut antara lain disampaikan oleh Prof Dr dr Hanifah Oswari, SpA, konsultan gastro hepatologi anak dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dalam konferensi pers, Kamis (5/5/2022) lalu.

Menurutnya, risiko penularan lewat pernapasan bisa dicegah dengan protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak.

Untuk mencegah dari saluran pencernaan ini, ia mengimbau agar menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang.

"Termasuk tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat," terang Prof Hanifah.

Sementara itu, Epidemiolog Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia, mendasarkan dugaan hepatitis akut misterius menular lewat pernapasan pada temuan kasus yang sebagian besar dialami anak-anak.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Cegah Mata Minus Tanpa Harus Pakai Kacamata

Ia meyakini, ada kemungkian anak-anak tersebut terinfeksi varian baru SARS-CoV-2, penyebab COVID-19, yang belum terdeteksi.

"Anak ini kan telat banget dapat vaksin. Baru belakangan dapat vaksin itupun di atas 6 tahun itu belum banyak yang mendapat dua dosis, ketika hadir varian yang lebih cepat Omicron dan sebagainya, mereka menjadi korban," beber Dicky kepada detikcom.

Selain itu, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI dr Muzal Kadim, SpA(K), menyebut kemungkinan hepatitis akut misterius menular lewat pernapasan hingga saat ini masih sebatas dugaan.

Namun yang pasti, seperti halnya COVID-19, risiko penularan lewat pernapasan bisa dicegah dengan protokol kesehatan.

"Protokol untuk COVID-19 ini seperti pakai masker, jaga jarak, untuk mengurangi risiko selain COVID-19 sendiri juga untuk mengurangi risiko penularan (hepatitis) melalui droplet meskipun ini masih dugaan," kata dr Muzal.

Baca Juga: Ternyata Ampas Teh Bisa untuk Kecantikan, Berikut Manfaat dan Cara Gunakan

Sebelumnya, mengutip cnbcindonesia.com, penyakit hepatitis akut misterius yang sedang melanda dunia telah masuk ke Indonesia.

Dimana ada 21 anak di DKI Jakarta yang diduga terinfeksi penyakit misterius tersebut.

Kementerian Kesehatan pun sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap. Tidak hanya itu, para epidemiolog di berbagai belahan dunia juga masih menyelidiki musabab hepatitis misterius yang tengah menjadi ancaman kesehatan baru di banyak negara. (C-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga