adplus-dvertising

Bisnis Makanan Khas Gorontalo, Ibu Ini Banjir Orderan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 12 Februari 2022
1181 dilihat
Bisnis Makanan Khas Gorontalo, Ibu Ini Banjir Orderan
Yoanita saat membuat apang colo khas Gorontalo. Foto: Ist.

" Ibu rumah tangga ini mengaku jika kue khas Gorontalo tersebut dibuatnya hanya untuk dikonsumsi dan sarapan sehari-hari keluarganya "

KENDARI, TELISIK.ID - Berawal dari jiwa bisnis yang dimilikinya sejak kecil, Yoanita Jojo Ahmad memulai usahanya dengan membuat kue apang colo.

Kue apang colo adalah salah satu kue khas Gorontalo. Kue ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras dan ragi, yang adonannya dicampur kemudian dicetak di sebuah cetakan khusus. Kue apang colo di sajikan dengan kuah yang terbuat dari rebusan gula merah.

Ibu rumah tangga ini mengaku jika kue khas Gorontalo tersebut dibuatnya hanya untuk dikonsumsi dan sarapan sehari-hari keluarganya.


"Ini sebenarnya hanya konsumsi untuk di rumah saja, belum sama sekali niat jualan," ujarnya pada Telisik.id, Jumat (11/2/2022).

Tetapi seorang iparnya, Fatmawati mengatakan, kue apang buatannya enak.

"Dia menyarankan saya jualan kue apang colo secara online," ujarnya.

Usaha yang beralamat di BTN Kendari Permai Blok L 3 Nomor 20 ini cukup digandrungi. Dia bisa memproduksi rata-rata sekitar 250 hingga 300 pcs per hari. Dia juga menerima pemesanan dengan estimasi H-1. Apang colonya ini dibanderol dengan harga Rp 5 ribu per 4 pcs.

"Buka H-1, karena adonannya ini harus difermentasi dulu selama 4 jam sebelum dimasak," ujarnya.

Baca Juga: Lihat Peluang Usaha, Bapak Ini Buka Toko Jambu Mete Oleh-Oleh Khas Kendari

Dia membuat kue apang colo sebanyak 3 kali dalam seminggu, untuk menghindari rasa bosan dari pelanggannya. Dia juga mengganti menu kuenya dalam seminggu ketika tidak membuat apang colo.

"Saya jualan ganti-gantian dek, kalo apang colo itu seminggu 3 kali, sisanya saya buat kue sabongi, makanan khas orang Gorontalo juga," ucapnya.

Kini, ia fokus menjual melalui Facebook pribadi dan melalui marketplace.

"Jualannya di Facebook atas nama Yoanita Jojo Ahmad, marketplace FB sama biasanya ipar juga bantu jualkan. Kalo ada yang beli sekitaran sini, biasanya langsung datangji, tapi kalau di luar dari kompleks ini semua lewat online," tambahnya.

Walaupun usaha yang dijalankannya ini baru beberapa hari, tetapi dia sudah memiliki pelanggan tetap.

Baca Juga: Berburu Lezatnya Durian Khas Sulawesi di Kendari

Seorang pelanggan, Mar'a sangat suka dengan kue apang colo buatan Yoanita.

"Kue apangnya enak sekali," pujinya.

Seorang pembeli lain yang tak ingin menyebutkan namanya, mengaku menyukai apang colo buatan Yoanita karena mengenyangkan.

"Alhamdulillah, apang colonya enak, kuahnya kental dan mengenyangkan," ujarnya. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga