BKKBN Sulawesi Tenggara Libatkan TNI Kumpulkan Info Air Bersih hingga Parameter Kependudukan di Kolaka

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 04 September 2024
0 dilihat
BKKBN Sulawesi Tenggara Libatkan TNI Kumpulkan Info Air Bersih hingga Parameter Kependudukan di Kolaka
Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara saat menyambangi Kodim Kolaka. Foto: Ist

" Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menggencarkan program-program strategis, guna mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kolaka "

KOLAKA, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menggencarkan program-program strategis, guna mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kolaka.

Dalam upaya ini, BKKBN bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya melalui program "TNI AD Manunggal Air Bersih", sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menyediakan akses air bersih di desa-desa yang membutuhkan.

Salah satu fokus utama dari program ini adalah pembangunan sarana air bersih di salah satu Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di Kabupaten Kolaka.

Program ini tidak hanya menyasar pembangunan fisik, tetapi juga mencakup pengumpulan informasi penting terkait parameter kependudukan yang relevan untuk perencanaan pembangunan di masa mendatang.

Baca Juga: Jadwal Kapal Pelni dari Pelabuhan Murhum Baubau Periode September 2024

Pada tanggal 4 dan 5 September 2024, Tim Kerja Hubungan Antar Lembaga Advokasi Komunikasi Informasi Edukasi dan Kehumasan (Halakiemas) BKKBN Sultra melaksanakan serangkaian kegiatan fasilitasi pembinaan dan penyusunan kebijakan pembangunan kependudukan di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Kolaka.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima telisik.id, dalam kegiatan ini, tim Halakiemas BKKBN Sultra bertemu dengan Komandan Kodim Kolaka, Rabu (4/9/2024), untuk mendiskusikan rencana pembuatan sarana air bersih di salah satu titik strategis di wilayah Kolaka.

Pertemuan ini melibatkan beberapa pihak, termasuk H. Mujahidin dan Bahtiar dari BKKBN Sultra, serta dari Kasdim Kolaka.

Pada pertemuan tersebut, disepakati bahwa BKKBN Sultra segera menyusun proposal yang akan diajukan kepada perusahaan-perusahaan di Kolaka.

Biaya untuk proyek sarana air bersih ini diharapkan dapat ditanggung melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan.

Ini menjadi langkah strategis dalam mempercepat realisasi program tersebut, sekaligus menunjukkan sinergi antara BKKBN, TNI, dan sektor swasta.

Selain itu, tim Halakiemas BKKBN Sultra yang diketuai Mustakim juga mengadakan pertemuan dengan jajaran Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kolaka.

Dalam pertemuan ini, berbagai isu strategis dibahas, termasuk rancangan Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati tentang Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK).

Selain itu, parameter kependudukan yang akan dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pasca pilkada juga menjadi salah satu topik diskusi utama.

Dalam pertemuan ini, Kepala Bidang Adpin dan Dalduk DPPKB Kolaka, Nursalam, bersama beberapa stafnya, menyambut baik inisiatif BKKBN Sultra.

Baca Juga: Bapaslon Bupati Muna Barat La Ode Darwin - Ali Basa Dinyatakan Sehat Jasmani dan Rohani

Mereka sepakat untuk segera bertemu dengan Pj. Bupati Kolaka, Fadlansyah, guna membahas lebih lanjut mengenai implementasi program-program strategis ini.

Di sisi lain, BKKBN Sultra juga menekankan pentingnya penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang Pokja Advokasi Lintas Sektor terkait Program Bangga Kencana.

Hingga saat ini, Kabupaten Kolaka belum memiliki SK tersebut, sehingga diperlukan langkah cepat untuk mempercepat proses penerbitannya.

Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa DPPKB Kolaka akan mengajukan permohonan resmi kepada Pj. Bupati Kolaka untuk menindaklanjuti penerbitan surat keputusan. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga