BKKBN Sulawesi Tenggara Verifikasi Lapangan Kampung KB Desa Puuroda

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 02 April 2024
0 dilihat
BKKBN Sulawesi Tenggara Verifikasi Lapangan Kampung KB Desa Puuroda
Penilaian dan verifikasi lapangan, lomba Kampung KB tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, BKKBN kunjungi Kabupaten Kolaka. Foto: Ist.

" Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara melakukan penilaian verifikasi lapangan Kampung KB tingkat provinsi, di Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kolaka "

KOLAKA, TELISIK.ID - Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara melakukan penilaian verifikasi lapangan Kampung KB tingkat provinsi, di Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kolaka, Selasa (2/4/2024).

Kampung KB Desa Puuroda adalah satu yang terpilih dari Kabupaten Kolaka untuk diikutsertakan dalam lomba Kampung KB tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara, Asmar mengungkapkan, tujuannya melaksanakan verifikasi ini berdasarkan data yang ada, Kampung KB Desa Puuroda sudah memenuhi kriteria untuk dikunjungi.

Untuk mencocokkan antara data yang dikirim dengan kondisi di lapangan, Kampung KB yang awalnya bernama Kampung Keluarga Berencana, kini harus dipersiapkan menjadi Keluarga Berkualitas. Banyak integrasi program yang sudah dilakukan di Kampung KB Desa Puuroda ini.

“Ini merupakan langkah awal, yang kami kunjungi ini akan kami perjuangkan, harapannya bisa ke tingkat nasional. Proses verifikasi ini akan dilakukan pendampingan kembali agar bisa lebih maksimal lagi. Kalau bicara program dan kegiatan, kita bisa melakukan yang banyak, asalkan pelaporannya ada,” jelas Asmar dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Edukasi dan Verifikasi Kampung KB Desa Kalu Kaluku Kolaka Utara

Ia berharap, dalam verifikasi ini antara data yang dikirim, dengan data di lapangan bisa sama.

Sementara Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru dalam penilaian tersebut mengatakan, Pemda Kabupaten Kolaka mengikutsertakan lomba Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024 yang diwakili oleh Kampung KB Desa Puuroda sebagai Kampung KB terbaik di Kabupaten Kolaka saat ini.

Dijelaskannya, Kampung KB adalah dari, oleh dan untuk masyarakat itu. Kampung KB sebagai pusat ketahanan keluarga. Tidak terbatas pada KB saja. Karena kegiatan di Kampung KB komprehensif, semua kegiatan bisa menyatu, di bawah binaan BKKBN. Kampung KB sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan berbasis masyarakat.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Edukasi Warga Manfaatkan Pangan Lokal Cegah Stunting

“Kita memiliki program Pemerintah Kabupaten Kolaka, ini sejalan karena kegiatan ini memotivasi untuk membentuk keluarga yang berkualitas. Kampung KB Puuroda ini yang terpilih dari semua kecamatan yang sudah diseleksi oleh Pemda Kabupaten Kolaka,” jelasnya.

Penilaian ini berlangsung dalam sehari, yang dihadiri oleh seluruh tim penilai dari BKKBN Sultra dan Dinas PMD Sultra, Pj Bupati Kolaka, Pj Sekda Kolaka, Forkopimda Kolaka, para Kepala OPD Kolaka, DPPKB Kolaka, Camat Baula, kepala desa dan lurah serta seluruh pengurus Kampung KB Puuroda.

Sebagai informasi, mengutip laman resmi kampungkb.bkkbkn.go.id, Kampung KB didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa, dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya. Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga