BKKBN Sultra dan Dinas PPKB Buton Gelar Orientasi KKA 60 Kader KB

Riksan Jaya, telisik indonesia
Jumat, 21 Juni 2024
0 dilihat
BKKBN Sultra dan Dinas PPKB Buton Gelar Orientasi KKA 60 Kader KB
Prosesi orientasi penggunaan KKA bagi 60 kader BKB di Buton. Foto: Ist.

" BKKBN Sulawesi Tenggara bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Buton menggelar orientasi penggunaan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi 60 kader BKB se-Kabupaten Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Buton menggelar orientasi penggunaan Kartu Kembang Anak (KKA) bagi 60 kader Bina Keluarga Balita (BKB) se-Kabupaten Buton.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Bupati Buton pada Sabtu (15/6/2024), bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta percepatan penurunan stunting.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Buton, Sarnia, dalam sambutannya mengatakan, KKA digunakan untuk memantau perkembangan anak secara bertahap setiap bulannya mulai dari usia 0 sampai 72 bulan (6 tahun).

"Pemantauan perkembangan melalui KKA ini diharapkan dapat mendeteksi gangguan atau penyimpangan perkembangan anak lebih awal. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam pengisian KKA mengingat kader merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: BKKBN Bekali Remaja Buton Edukasi Gizi dan Cegah Anemia Guna Atasi Stunting

Baca Juga: Genjot Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN Sulawesi Tenggara dan Pemkab Kolaka Utara Rapat Teknis Technical Asistant

Pada kegiatan orientasi kali ini, Tim BKKBN Sultra juga memberikan materi dengan tajuk "Cegah Stunting, Melalui Pantauan Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan".

Melalui kegiatan ini diharapkan terjalin sinergi kerja bersama untuk mengoptimalkan kelompok BKB di Kabupaten Buton dalam mendukung optimalisasi penggunaan KKA sebagai bagian dari upaya percepatan penurunan stunting, dengan target evaluasi pada akhir tahun 2024. (C-Adv)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga