BKKBN Sultra Hadiri Rakornis Jakarta Optimalkan Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 14 Mei 2024
0 dilihat
BKKBN Sultra Hadiri Rakornis Jakarta Optimalkan Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting
BKKBN Sultra saat sesi foto bersama perwakilan instansi lainnya dalam kegiatan Rakornis. Foto: Ist.

" BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama perwakilan BKKBN provinsi se-Indonesia dan mitra kerjanya mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Hotel Bidakara Jakarta "

JAKARTA, TELISIK.ID - BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama perwakilan BKKBN provinsi se-Indonesia dan mitra kerjanya mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (14/05/2024).

Rakornis ini dihadiri oleh 500 peserta, termasuk perwakilan dari Korem se-Indonesia, Babinsa terbaik dari setiap provinsi, Komandan Kodim (Dandim) dengan Babinsa terbaik, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) khususnya Biddokes, Persit Candra Kirana.

Kemudian juga Ikatan Bidan Indonesia (IBI) se-Indonesia, Dinas Pengendalian Penduduk Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, pejabat BKKBN Pusat dan Provinsi, serta mitra kerja lainnya.

Baca Juga: Babinsa di Sultra Raih Penghargaan Bangga Kencana dan Penurunan Stunting

Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (Adpin) BKKBN, Sukaryo Teguh Santoso, selaku Ketua Panitia Rakornis menyampaikan bahwa tujuan Rakornis ini adalah untuk mengoptimalkan peran mitra kerja BKKBN dalam pelaksanaan program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia bersama masyarakat tengah gencar-gencarnya menurunkan angka stunting, karena angka stunting Indonesia masih berada di atas angka 20 persen.

Dalam Rakornis ini, BKKBN juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan mitra kerja tingkat nasional, antara lain Lembaga Administrasi Nasional (LAN), Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Bakti Pertiwi, PT. Medika Komunika, Basnas, dan Paguyuban Putra Putri Nusantara.

Selain itu, 31 Babinsa terbaik se-Indonesia juga menerima penghargaan dan diharapkan dapat berbagi pengalaman antar Babinsa.

Rakornis tahun ini juga diwarnai dengan pengukuhan Pengurus Perkumpulan Kepala Dinas (Perkadis) Nasional Bangga Kencana periode 2024-2026 oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, dan yang terpilih sebagai Ketua Umum Perkadis yang baru adalah Sofyan Daud

Deputi Adpin dalam sambutannya menyatakan bahwa tujuan Perkadis adalah untuk memperkokoh koordinasi program Bangga Kencana di daerah.

Baca Juga: BKKBN Sultra Gelar Orientasi Kartu Kembang Anak di Butur untuk Perangi Stunting

Pencanangan Bakti TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan dan Percepatan Penurunan Stunting juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan Rakornis tahun ini.

Dari Sulawesi Tenggara, Rakornis ini dihadiri oleh 6 orang, terdiri dari Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sultra (Asmar), Sekretaris BKKBN (Muslimin), Ketua Tim Kerja Halakiemas (Mustakim), perwakilan Danrem 143 Haluoleo sekaligus Dandim Kendari (Kapten Inf. Salmarbisma), Babinsa Terbaik Sulawesi Tenggara dari Koramil Poasia Kendari (Serda Harmin), dan utusan IBI Sultra Bidan Sitti Alengo.

Diharapkan dengan Rakornis ini, program Bangga Kencana di Sulawesi Tenggara dapat berjalan dengan optimal dan target penurunan stunting dapat tercapai. (C-Adv)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga