BLK Kendari Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional di Wakatobi

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Rabu, 21 Oktober 2020
0 dilihat
BLK Kendari Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional di Wakatobi
Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu (berbaju merah) bersama Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Wakatobi, La Ode Boa (kanan/berbaju putih). Foto: Mohamad Lukman Saputra/Telisik

" Tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan tenaga kerja terampil yang kompeten yang dapat diserap di pasar kerja atau pada dunia usaha dan dunia industri atau bisa berwira usaha secara mandiri. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La Ode Haji Polondu, berkunjung ke Kabupaten Wakatobi untuk menghadiri langsung pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional BLK Kendari di Desa Kabita, Kecamatan Wangi-wangi Selatan.

Dalam sambutanya, La Ode Haji Polondu menyampaikan, tujuan pelatihan kerja tersebut untuk mempersiapkan para tenaga kerja yang terampil dan kompeten.

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan tenaga kerja terampil yang kompeten yang dapat diserap di pasar kerja atau pada dunia usaha dan dunia industri atau bisa berwira usaha secara mandiri," terangnya, Rabu (21/10/2020).

Olehnya itu ia menekankan, agar semua peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh dalam menjalani masa pelatihan.

Ada pun program keahlian yang dibuka pada pelatihan kali ini adalah Menjahit Pakaian Dasar dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang dari desa setempat yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi pelatihan.

Instruktur penyelenggara pelatihan, Wa Ode Marfuma menjelaskan, waktu pelatihan tersebut dilaksanakan selama 30 hari dengan harapan agar para peserta mampu bersaing dengan keterampilan mereka sehingga dapat mengisi lowongan kerja sesuai dengan bidangnya.

Baca juga: Diskominfo Bombana Tak Ketahui Rencana Kunjungan Jokowi di Bombana

"Untuk waktu pelatihannya sendiri akan dilaksanakan setiap hari selama 30 hari kerja. Harapan kami adalah setelah selesai mereka bisa menjahit mandiri atau bisa diterima di tempat kerja dalan arti bekerja sama dengan orang lain atau pun bekerja secara mandiri," terang Wa Ode Marfuma.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Wakatobi, La Ode Boa juga mengharapkan, para peserta ke depannya dapat membuka usaha di Kabupaten Wakatobi

"Para calon pelatihan ini diharapkan akan menjadi pelaku usaha mikro kecil menengah,  dan mudah-mudahan adik-adik peserta pelatihan ini dapat menciptakan usaha-usaha baru di Kabupaten Wakatobi," harapnya.

La Ode Haji Polondu juga mengimbau, kepada masyarakat Wakatobi yang ingin mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di BLK Kendari agar senantiasa memantau media sosial BLK Kendari terutama Facebook dan Instagram BLK Kendari

"Bagi yang ingin mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di BLK Kendari agar memantau pengumuman yang ada di media sosial tentang kapan dibuka pendaftarannya," tuturnya.

Kepala BLK Kendari juga menambahkan, program pelatihan kerja yang dilakukan itu sebagai bentuk kepedulian Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang ada di daerah.

Baca juga: Akademisi UHO Bantu Masyarakat Konsel Kelola Kelapa Jadi VCO dan Asap Cair

"Sebagai bentuk cinta Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia  terhadap seluruh saudara-saudara kami para pencari kerja yang belum memiliki keterampilan yang kompeten, kami yang mendatangi yang ada di desa-desa, seperti yang kami lakukan di Kabupaten Wakatobi pada hari ini," lanjutnya.

Para peserta mengaku, bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada mereka untuk mengikuti pelatihan kerja tersebut.

Sementara itu, Bupati Wakatobi yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Wakatobi, Nursidiq, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BLK Kendari atas dipilihnya Desa Kabita Kecamatan Wangi-wangi Selatan sebagai Lokasi Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional BLK Kendari pada Tahun Anggaran 2020 ini.

"Kita harapkan agar pada tahun-tahun mendatang perhatian dan kerja sama BLK Kendari terhadap Kabupaten Wakatobi lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Selain itu, Nursidiq juga mengharapkan agar seluruh Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional di Desa Kabita benar-benar serius mengikuti pelatihan sehingga alumni pelatihan dapat menguasai ketrampilan yang diikutinya serta kompeten sesuai harapan dan target pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK Kendari  Kementerian Ketenagakerjaan RI. (A)

Reporter: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga