BLK Kendari Buka Pelatihan MTU di Konawe

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 13 November 2020
0 dilihat
BLK Kendari Buka Pelatihan MTU di Konawe
Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu saat membawakan sambutan. Foto: Ist.

" Artinya, dengan pelatihan ini para peserta mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu tanaman hidroponik yang ditanam dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan bisa juga dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. "

KONAWE, TELISIK.ID - Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Dr La Ode Haji Polondu membuka kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional atau Mobile Training Unit (MTU) di Desa Pudai Kecamatan Wonggeduku Barat  Kabupaten Konawe, Kamis (12/11/2020).

Pembukaan MTU dengan program pelatihan pembudidayaan hidroponik di Kabupaten Konawe ini, merupakan pembukaan pelatihan terakhir di daerah-daerah dari kuota 10 paket pelatihan yang tersedia pada tahun anggaran 2020 di BLK Kendari.

"Sebelumnya kami sudah membuka empat paket pelatihan di Kabupaten Muna, empat paket pelatihan di Kabupaten Buton Tengah dan satu paket pelatihan di Kabupaten Wakatobi," kata Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu.

Ia menjelaskan, pelatihan tersebut akan berlangsung selama 15 hari kerja sesuai waktu  yang telah ditetapkan.

Paket pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para peserta, sebab jika diamalkan, dipraktekkan dan dikembangkan dengan baik akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Para peserta, nantinya bisa menghemat untuk membeli sayur di luar, karena sudah bisa panen sendiri, bahkan bisa dijual.

"Artinya, dengan pelatihan ini para peserta mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu tanaman hidroponik yang ditanam dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan bisa juga dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi," jelasnya.

Untuk itu, lanjut orang nomor satu di BLK Kendari ini, pihaknya berharap agar para peserta pelatihan bisa mengikuti proses pelatihan tersebut dengan baik, meski waktu pelaksanaannya tidak lama.

Baca juga: Ketua DPRD Kolaka Resmi Berganti dari Zainal Amrin ke Syaifullah

"Ke depan, Insyaallah kita di BLK Kendari akan memberikan paket pelatihan MTU di sini lagi dan jika kuota yang tersedia banyak, maka kita akan sebar di daerah lain di Kabupaten Konawe ini," sebutnya.

Pihaknya, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI), akan terus memantau perkembangan peserta, mulai dari tahap pelatihan hingga usai.

"Untuk itu, kami harap para peserta yang kini telah terdaftar, bisa mengikuti proses pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga ketika selesai, para peserta bisa mendapatkan sertifikat kompeten, bukan hanya sekedar keterangan bahwa telah mengikuti proses pelatihan. Jadi, sekali lagi saya harap para peserta agar mengikuti proses pelatihan ini dengan baik dan tetap mengikuti protokol kesehatan karena pelatihannya dilakukan masih ditengah wabah pandemi COVID-19," tandasnya.

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Pudai Kecamatan Wonggeduku Barat, Yusrin menuturkan, sangat berterimakasih kepada Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dan keluarga besar BLK Kendari atas penempatan satu pekat pelatihan di desanya.

Demikian pula Kepala BLK Kabupaten Konawe, Jihad S. memberikan apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institusional di Desa PuGdai Kecamatan Wonggeduku Barat Kabupaten Konawe.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Konawe mengucapkan terimakasih atas paket pelatihan ini, karena sangat membantu masyarakat untuk menjadi terampil sehingga ke depannya bisa berbuat dalam memberdayakan kehidupan keluarganya lebih baik," pungkas Jihad S. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga