BLT BBM Tahap Dua di Kendari Cair Hari Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 22 November 2022
0 dilihat
BLT BBM Tahap Dua di Kendari Cair Hari Ini
Warga memadati Kantor Pos Cabang Utama Kendari untuk mendapatkan BLT BBM tahap dua yang mulai disalurkan Selasa (22/11/2022). Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Ratusan warga memadati Kantor Pos Cabang Utama Kendari sejak pagi. Warga rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan BLT "

KENDARI, TELISIK.ID - Dampak kenaikan BBM banyak dirasakan oleh masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah. Oleh karena itu, pemerintah memberi kompensasi berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk sedikit meringankan beban ekonomi di tengah laju inflasi akibat kenaikan BBM.

Kota Kendari sebelumnya menjadi kota pertama penyaluran BLT BBM tahap satu pada bulan September 2022 lalu. Untuk tahap kedua, penyaluran telah dilakukan mulai hari ini, Selasa (22/11/2022).

Terlihat ratusan warga telah memadati Kantor Pos Cabang Utama Kendari di Jalan Jenderal Ahmad Yani sejak pagi. Warga rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Salah seorang warga penerima BLT, Ardi mengatakan, dirinya sudah mengantre selama kurang lebih dua jam sejak pukul 10.00 pagi. Meski begitu, ia merasa senang dan bersyukur dapat menjadi penerima BLT BBM hingga tahap dua.

Ia berharap ke depannya pemerintah dapat terus menyalurkan bantuan untuk masyarakat kecil. Walau tidak seberapa, ia mengaku bantuan tersebut dapat sedikit meringankan bebannya di tengah kenaikan BBM.

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Pelihara Kucing

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan PT Pos Indonesia sebagai penyalur setelah mendapat keputusan dan verifikasi data penerima BLT dari Kementerian Sosial.

Besaran yang diterima Kelompok Penerima Manfaat (KPM) untuk BLT BBM tahap dua periode November-Desember sebesar Rp 300.000. Selain itu, Dinsos juga menyalurkan bantuan lain yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) yang bantuannya bisa mencapai Rp 1 juta per KPM, tergantung variabel kategori penerima, dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) periode November-Desember sebesar Rp 600.000 per KPM.

Baca Juga: Tim Verban Raih Juara 1 Kompetisi Debat Kamaruddin Djafar Law Fair 2022

Ia berharap masyarakat penerima bantuan bisa bersyukur dengan bantuan yang diberikan pemerintah, juga menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan-kebutuhan dasar bukan untuk foya-foya.

Kepala PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Kendari, Wildan Hamdani mengatakan, ada total 17.103 KPM yang akan menerima tiga bantuan sosial tersebut untuk Kota Kendari. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan penyaluran tahap satu yang mencapai 18.000 KPM.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kuota tersebut bisa bertambah seperti pada tahap satu yang menambah 1.400 KPM di tengah penyalurannya. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga