BLUD Rumah Sakit Konawe Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
BLUD Rumah Sakit Konawe Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
Operasi bibir sumbing gratis yang digelar BLUD RS Konawe dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Konawe ke-63. Foto: Ist.

" Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerja sama BLUD RS Konawe dan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Langit-Langit Mulut Cabang Sulawesi "

KONAWE, TELISIK.ID - Memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-63, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe menggelar operasi bibir sumbing gratis selama 2 hari (24-25 Februari 2023) bagi warga Kabupaten Konawe.

Kepala BLUD RS Konawe, dr Agus Lahida mengungkapkan, kegiatan ini dapat terlaksana atas kerja sama BLUD RS Konawe dan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Langit-Langit Mulut Cabang Sulawesi.

“Dalam rangka menyambut HUT Konawe ke-63 kami bersama Persatuan Ahli Bedah Mulut Cabang Sulawesi melaksanakan kegiatan operasi bibir sumbing untuk warga Konawe yang kurang mampu,” jelasnya.

Menurutnya, bibir sumbing merupakan cacat genetik yang dialami anak sejak dilahirkan. Untuk mengembalikan kondisi bibir dan langit-langit anak tersebut, dibutuhkan 3 kali operasi, dimana setiap kali operasi bibir sumbing dibutuhkan biaya Rp 20 juta.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Target Pembangunan Terus Meningkat Sesuai RPJMD

"Biaya untuk operasi bibir sumbing ini sekitar Rp 20 juta, jadi jika dilakukan selama 3 kali maka biaya yang perlu disiapkan oleh keluarga kita sebanyak Rp 60 juta,” sebutnya.

Kegiatan operasi bibir sumbing kali ini diikuti 18 peserta yang terdiri dari 15 balita dan 3 orang dewasa. Mengejutkan, giat operasi bibir sumbing ini tak hanya diikuti warga Kabupaten Konawe tetapi juga warga Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Tuntas Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

“Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan, jadi kalau ada anak-anak kita yang mengalami gangguan langit-langit mulut atau bibir sumbing, segera hubungi kami,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Sabaria, warga Desa Duriaasi, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, mengaku sangat bersyukur atas kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini.

“Sangat bersyukur pak, anak saya yang berusia 5 bulan bisa ikut operasi bibir sumbing gratis ini, semoga mereka yang telah membantu kami mendapatkan pahala,” ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga