Logo Telisik.id

BMKG Deteksi Dua Kali Gempa Bumi Guncang Konsel

308 dibaca BMKG Deteksi Dua Kali Gempa Bumi Guncang Konsel

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Repro Google.com

" Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Lainea di Barat Laut Laeya"

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sebanyak dua kali gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Berdasarkan data yang diterima Telisik.id, gempa bumi pertama terjadi pada hari Rabu 7 April 2021 kemarin, sekira pukul 22.27 Wita, di sebelah barat laut Laeya.

Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempa bumi itu berkekuatan M=2.7, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.27  LS, 122.44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5.2 km, Barat Laut Laeya, Konawe Selatan, pada kedalaman 10 km.

Berikutnya, gempa bumi susulan terjadi pada Kamis 8 April 2021 dini hari, sekira pukul 09.00 Wita. Serangkaian gempa bumi itu dirasakan sebanyak dua kali kejadian setelah gempa bumi pertama kemarin malam.

Baca Juga: Melalui Terobosan IP 300, Konawe Digenjot Menjadi Lumbung Beras Sultra

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Lainea di Barat Laut Laeya," kata Kepala BMKG Kendari, Rudin berdasarkan data yang diterima Telisik.id, Kamis (8/4/2021).

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Sebaiknya agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Selain itu, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," tutupnya. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video