BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem di Sultra

Ruliawan Putra Utama, telisik indonesia
Selasa, 29 Maret 2022
0 dilihat
BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem di Sultra
Kondisi langit Kota Kendari yang gelap dan disertai kilatan petir. Foto: Ruliawan/Telisik

" BMKG Sultra mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan, mulai 29 Maret hingga 4 April 2022 "

KENDARI,TELISIK.ID - Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan provinsi yang mempunyai wilayah daratan dan kepulauan, terletak di antara teluk Bone pada bagian barat, laut Banda pada bagian timur, dan laut Flores pada bagian selatan.

Berdasarkan data analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG Sultra mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan, mulai 29 Maret hingga 4 April 2022, di sebagian wilayah kota dan kabupaten di Provinsi Sultra.

Menurut keterangan dari BMKG Sultra, kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer, di mana massa udara basah lapisan rendah, terkonsentrasi di wilayah Sultra sampai lapisan 700 mb mencapai 70-90%, index labilitas ringan sampai sedang dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sultra, beserta hangatnya suhu muka laut dan anomali suhu muka laut positif di wilayah sekitar Sultra, terutama bagian perairan Baubau, Wakatobi dan laut Banda, sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi di wilayah Sultra.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG Sultra memperkirakan dalam 7 hari ke depan, beberapa wilayah di Sultra akan berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Baca Juga: Sempat Bikin Warga Kendari Panik, Gempa M4.9 Tidak Berpotensi Tsunami

Baca Juga: Diguncang Gempa, BPBD Konsel Siaga Bencana Alam

Menanggapi hal itu, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari, Sugeng Widarko menyampaikan, BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, khususnya akan dampak dari curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang B, angin kencang, dan pohon tumbang.

"Masyarakat agar tetap memperbarui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik," ungkapnya dalam Pesan WhatsApp, Selasa (29/3/2022). (C)

Reporter: Ruliawan Putra Utama

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga