BMKG Pasang 17 Alat Deteksi Dini Gempa dan Tsunami di Sultra

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 08 Juli 2020
0 dilihat
BMKG Pasang 17 Alat Deteksi Dini Gempa dan Tsunami di Sultra
Skema dan gambar Peralatan alat pendeteksi gempa dan tsunami yang akan di pasang di Sultra. Foto: Ist.

" WRS NewGen merupakan peralatan yang berfungsi untuk mendesiminasikan informasi gempa bumi dan peringatan dini Tsunami. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari memasang 17 alat pendeteksi dini gempa bumi dan tsunami di daerah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia menjelaskan, peralatan tersebut berupa 11 Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen) dan sensor akselerograf.

"WRS NewGen merupakan peralatan yang berfungsi untuk mendesiminasikan informasi gempa bumi dan peringatan dini Tsunami," ungkapnya, Rabu (8/7/2020).

Rosa menyampaikan peralatan tersebut akan dipasang di 10 kabupaten/kota. Kota Kendari akan mendapatkan dua set peralatan yang akan diinstal di stasiun Geofisika Kendari dan BPBD Kota Kendari.

Baca juga: BMKG Pasang Alat Informasi Gempa Bumi di Konawe

Sementara itu untuk Konawe Kepulauan (Konkep), Buton Utara (Butur), Muna, Wakatobi, Kolaka Utara (Kolut), Konawe, Bombana, Konawe Utara (Konut) dan Konawe Selatan (Konsel), masing-masing akan mendapatkan satu set peralatan WRS NewGen.

Sensor gempa bumi yang dipasang tahun ini dimaksudkan sesar aktif Lawonopo yang memanjang 260 Kilometer dari Kolaka Utara hingga Konawe yang akan dipasang di wilayah Konawe, Konawe Utara dan Kolaka. Sementara untuk sensor percepatan percepatan tanah (Akselerograf) akan berlokasi di Kabupaten Muna dan Bombana.

Rosa juga berharap dengan penambahan peralatan di beberapa wilayah Sultra dapat meningkatkan ketepatan, kecepatan, keakuratan informasi gempabumi dan peringatan dini Tsunami.

"Terlaksananya pemasangan ini tidak luput dari dukungan dan partisipasi masing-masing Pemda di daerah yang telah bersedia untuk menjadi lokasi penempatan dan turut menjaga peralatan yang merupakan aset BMKG ini," pungkasnya.

Rencananya, seluruh peralatan tersebut akan beroprasi akhir tahun.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga