BMKG Sultra: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Kolut 3 Hari ke Depan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 06 Mei 2022
0 dilihat
BMKG Sultra: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Kolut 3 Hari ke Depan
Ilustrasi hujan lebat dan angin kencang. Foto: Ist.

" BMKG Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan dalam 3 hari ke depan (5-10 Mei 2022) akan terjadi cuaca ekstrem "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memprakirakan dalam 3 hari ke depan (5-10 Mei 2022) akan terjadi cuaca ekstrem.

Curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Sultra, salah satunya di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Melalui siaran pers yang dikeluarkan BMKG Sultra Kamis (5/5/2022), Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Sugeng Widarko, S.Si menjelaskan, kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti adanya tekanan rendah di utara Sulawesi.

Begitu juga dengan indeks SOI dan ENSO signifikan dan massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sultra sampai lapisan 700 mb mencapi 70 - 90%, serta indeks labilitas ringan sampai sedang dan pola konvektif skala lokal.

"Selain itu, hangatnya suhu muka laut di wilayah sekitar Sultra terutama bagian perairan Baubau, perairan Wakatobi dan Laut Banda, menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan di wilayah Sultra," urainya.

Sementara pergerakan angin atau streamlinenya lanjutnya, terpantau dari timur hingga selatan memasuki Laut Banda Timur Sulawesi, perairan Wakatobi, hingga perairan Baubau dengan kecepatan angin >20 knot.

Untuk itu, BMKG Sultra mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada khususnya dampak dari curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Harap diperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran," tukasnya.

Ia juga meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai atau sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi seperti perairan Manui Kendari, perairan Baubau, perairan Wakatobi, perairan Banggai bagian selatan, dan Laut Banda Timur Sultra untuk selalu waspada.

Baca Juga: Minta Masyarakat Tak Panik, Gubernur Khofifah Beber Gejala Klinis Hepatitis Akut

"Terutama sejak tanggal 7 Mei 2022," pintanya.

BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan petir serta angin kencang terjadi di Kolut pada tanggal 8-10 Mei 2022.

Selain Kolut, berikut rincian beberapa wilayah di Sultra yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

1. Tanggal 6 Mei 2022 diprediksi terjadi di wilayah Konawe, Muna, Konawe Selatan, Kolaka Timur, Buton Utara, Muna Barat, Wakatobi.

2. Tanggal 7 Mei 2022 di wilayah Wakatobi, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Kendari, Buton Selatan, Konawe Selatan, Kolaka.

3. Tanggal 8 Mei 2022 di wilayah Kolaka, Konawe Selatan, Konawe, Baubau, Buton Tengah, Buton Selatan, Wakatobi, Kendari, Muna Barat, dan Kolaka Utara.

4. Tanggal 9 Mei 2022di wilayah Konawe, Kolaka, Konawe Selatan, Kendari, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Utara, Bombana, Muna, dan Kolaka Timur.

5. Tanggal 10 Mei 2022di wilayah Kolaka Utara, Konawe Utara, Kendari, Wakatobi dan Konawe.

Sementara potensi angin kencang yang dapat mencapai di atas 20 knot yang berpotensi menimbulkan gelombang tinggi  1,25– 2,5 meter dapat terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut:

Baca Juga: Ramai Pengunjung, PKL di Pantai Berova Banjir Rezeki

1. 6 Mei 2022 di wilayah Laut Banda Timur Sultra bagian selatan, perairan selatan Wakatobi bagian barat dan timur.

2. 7 Mei 2022 di wilayah perairan Baubau bagian selatan, Laut Banda Timur Sultra bagian barat, timur dan selatan, perairan selatan Wakatobi  bagian barat dan timur, perairan Utara, dan  Wakatobi  bagian barat dan timur.

3. 8 Mei 2022 di wilayah perairan Baubau bagian utara dan selatan, perairan Manui Kendari bagian timur, Laut Banda Timur Sultra bagian barat, timur, utara dan selatan, perairan selatan Wakatobi  bagian barat dan timur, perairan utara Wakatobi  bagian barat dan timur, perairan banggai bagian selatan.

4. 9 Mei 2022 di wilayah perairan Baubau bagian utara dan selatan, perairan Manui Kendari bagian timur, Laut Banda Timur Sultra bagian barat, timur, utara dan selatan, perairan selatan Wakatobi  bagian barat dan timur, dan perairan utara Wakatobi  bagian barat dan timur. (C)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga