BNPB Tinjau Titik Rawan Bencana Hidrometeorologi di Kota Kendari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 19 Maret 2023
0 dilihat
BNPB Tinjau Titik Rawan Bencana Hidrometeorologi di Kota Kendari
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat mendampingi Deputi Penanggulangan Bencana BNPB (baju cokelat) meninjau salah satu titik kerusakan akibat bencana hidrometeorologi, Asmawa berharap BNPB memberikan bantuan pada korban. Foto: Ist.

" Bencana hidrometeorologi yang terjadi di Kota Kendari beberapa Minggu lalu tepatnya pada Minggu, 5 Maret 2023 yang mengakibatkan dampak korban jiwa dan kerugian material mendapat perhatian langsung dari BNPB RI "

KENDARI, TELISIK.ID - Bencana hidrometeorologi yang terjadi di Kota Kendari beberapa Minggu lalu tepatnya pada Minggu, 5 Maret 2023 yang mengakibatkan dampak korban jiwa dan kerugian material mendapat perhatian langsung dari BNPB RI.

Menindaklanjuti hal tersebut, BNPB melakukan kunjungan langsung sekaligus asesmen dan verifikasi lapangan.

Mayjen TNI Fajar Setyawan menyampaikan  tujuan tim BNPB hadir di Kota Kendari dalam rangka melihat kondisi secara langsung akibat bencana hidrometeorologi basah yang terjadi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Selaraskan Prioritas Pusat dan Daerah, Bappeda Sulawesi Tenggara Gelar Rakortekrenbang

"Kami mendapat tugas dari Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto untuk melihat secara langsung bencana puting beliung yang terjadi 5 Maret lalu, di situ ada korban jiwa 1, juga pak Pj wali kota sudah menghadap langsung kepala BNPB untuk memohon penanganan," ujarnya, Minggu (19/3/2023).

Selain itu, BNPB datang langsung untuk melakukan penanganan, memberikan dana siap pakai untuk operasional petugas di lapangan, karena tak ada pengungsi.

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB juga menyampaikan tujuan kunjungan tersebut adalah mulai akhir 2022 lalu ancaman hidrometeorologi basah, bencana banjir dan tanah longsor, salah satu tujuannya di Kota Kendari adalah meninjau lahan pertanian.

"Lahan pertanian yang dimungkinkan rusak karena banjir itu juga akan dirapatkan di tingkat menteri seperti apa skema bantuan kepada petani yang akan disalurkan, sehingga petani nanti tidak menderita," terangnya.

Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyambut baik dan mengapresiasi pada BNPB atas respon atas kunjungannya sebelumnya, saat bertemu Kepala BNPB Pusat di Jakarta.

"Ini merupakan tindak lanjut kunjungan kami kepada Kepala BNPB RI bersama Kepala Pelaksana BPBD Kota Kendari pada hari Jumat 17 Maret lalu," bebernya.

Asmawa berharap Pemerintah Pusat melalui BNPB dapat mengalokasikan anggaran kepada Pemerintah Kota Kendari, baik itu sifatnya rehabilitasi ataupun rekonstruksi rumah yang terdampak bencana angin kencang beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Keamanan Sering Terganggu, Warga Minta Dibuatkan Pos Kamling

"Mudah-mudahan besok pak Deputi menyerahkan bantuannya kepada pemerintah Kota Kendari untuk disalurkan kepada korban yang terdampak bencana hidrometeorologi atau angin puting beliung, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya," harapnya.

Kunjungan Kerja Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama unsur Forkopimda, Kepala OPD teknis terkait Pemkot Kendari dan Kepala BPBD Sulawesi Tenggara, Dinas Pertanian Sulawesi Tenggara yang berlangsung secara offline dan online (Zoom) di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

Kunjungan tersebut selain dihadiri oleh Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, juga sejumlah kepala OPD lingkup pemkot, serta Kepala BPBD Sulawedi Tenggara, Muhammad Yusup.

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga