Bombana Siaga Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 01 Desember 2022
0 dilihat
Bombana Siaga Bencana Akibat Cuaca Ekstrem
Tim reaksi cepat BPBD Bombana saat meninjau lokasi banjir. Foto: Ist.

" Kondisi cuaca di Kabupaten Bombana belakangan ini yang sangat ekstrem, membuat Pemkab meningkatkan tingkat kewaspadaan dini guna mencegah jatuhnya korban jiwa saat "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kondisi cuaca di Kabupaten Bombana belakangan ini yang sangat ekstrem, membuat Pemkab meningkatkan tingkat kewaspadaan dini guna mencegah jatuhnya korban jiwa saat.

Pj Bupati Bombana, Burhanuddin dalam surat edarannya yang diterbitkan 25 November 2022 nomor: 360/2545/2022 menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat di musim penghujan seperti saat ini.

Di antaranya, masyarakat selalu waspada kemungkinan risiko bencana yang dapat terjadi akibat bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Selalu berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, menjaga kebersihan lingkungan terutama pada saluran air dan lakukan normalisasi secara rutin untuk menghindari terjadinya banjir, hindari pohon-pohon yang rawan tumbang, hindari pemukiman yang berada di dataran rendah atau lereng bukit yang rawan banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Kadin Konawe Perbaiki Jalan Usaha Tani untuk Tingkatkan Ekonomi

Apabila terjadi banjir maka sesegera mungkin memadamkan aliran listrik, amankan dokumen serta barang-barang berharga lainnya. Dalam evakuasi lebih utamakan pada anak, ibu hamil dan orang tua renta.

“Yang paling penting adalah selalu memperhatikan dan mematuhi informasi dan petunjuk dari Badan Penanggulangan Bencana Bombana atau pihak terkait lainnya tentang kebencanaan, seperti BMKG dan sebagainya,” jelas Burhanuddin, Kamis (1/12/2022).

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana, Hasdin Rata menjelaskan, saat ini Sulawesi Tenggara khususnya wilayah Bombana tengah menghadapi puncak musim penghujan dan cuaca ekstrem.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dini akan adanya kejadian alam yang berpotensi berakibat pada bencana seperti angin, banjir, tanah longsor, bahkan gempa bumi.

Jika ada kejadian alam seperti angin puting beliung, hujan deras yang mengakibatkan banjir, tanah longsor, gempa bumi segera laporkan kepada pemerintah setempat.

Baca Juga: Madrasah Ibtidayah di Muna Ludes Terbakar

Pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan wajib langsung laporkan kepada penanggulangan bencana, supaya tim reaksi cepat langsung bergerak lakukan evakuasi dan penanganggan darurat,” jelas Hasdin.

Mantan Kabag Humas Pemda Bombana ini juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak menyebarluaskan informasi yang beredar di media sosial sebelum diketahui secara pasti kejadian sebenarnya, karena akan berdampak pada kepanikan dan keresahan.

“Untuk informasi-informasi tentang kejadian alam mohon disaring dulu jangan langsung sebar begitu saja, jangan sampai justru malah menciptakan kepanikan warga, seperti informasi gempa bumi, tsunami atau bencana lainnya,” pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga