Borong Daftar Parpol, Balon Bupati Muna Bachrun Labuta Kunci PKB dan PKS

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 30 April 2024
0 dilihat
Borong Daftar Parpol, Balon Bupati Muna Bachrun Labuta Kunci PKB dan PKS
Balon Bupati Muna, Bachrun Labuta saat mendaftar di PKB dan PKS. Foto: Sunaryo/Telisik

" Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta merupakan salah satu bakal calon (Balon) bupati yang memborong pendaftaran di beberapa partai politik (Politik) "

MUNA, TELISIK.ID - Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta merupakan salah satu bakal calon (Balon) bupati yang memborong pendaftaran di beberapa partai politik (Politik).

Setelah mendaftar di Demokrat, PDIP dan NasDem, Selasa (30/4/2024), Bachrun mendaftar lagi di PKB dan PKS. Dengan begitu, saat ini Bachrun telah terdaftar di lima Parpol.

Dari lima Parpol itu, Bachrun telah mengunci PKB dan PKS yang akan memberikannya rekomendasi dukungan pertama. Sehingga, nantinya menjadi modalnya untuk mendapatkan Parpol koalisi lainnya.

Bachrun mengatakan, PKB dan PKS bukan baru baginya. Di Pilkada 2020 lalu, bersama LM Rusman Emba, ia diusung oleh kedua partai itu.

Baca Juga: Plt Bupati Muna Bachrun Labuta Unjuk Kekuatan untuk Hadapi Pilkada

"InsyaAllah, PKB dan PKS bisa menjadi milik Bachrun," kata Bachrun.

Untuk komunikasi di tingkat atas, ia berbagi tugas dengan calon wakilnya, La Ode Asrafil Ndoasa. Di PKB, Asrafil telah berkomunikasi dengan anggota DPP PKB asal Jawa Timur.

"PKB itu bagian Asrafil. Dia saudara dengan LM Marshudi yang tak lain kader PKB," terangnya.

Sedangkan di PKS, bagiannya. Kata dia, PKS sudah dianggap sebagai rumahnya sendiri. Banyak yang tidak tahu bahwa kurang lebih 10 tahun, ia membersamai PKS.

Ia pun mengaku telah bertemu dengan pengurus DPW PKS Sulawesi Tenggara, majelis syuroh PKS dan sekjen DPP PKS.

"InsyaAllah, kita akan bersama-sama lagi dengan PKS," timpalnya.

Ia pun menjanjikan membesarkan dan membangunkan kantor bagi Parpol pengusungnya bila kelak terpilih menjadi bupati nanti.

"Prinsipnya saya maju di Pilkada untuk melanjutkan pembangunan dan  mensejahterahkan masyarakat," ujarnya.

Ketua DPD PKB Muna, La Ode Arwaha Ady Saputra menerangkan, Bachrun Labuta merupakan pendaftar pertama. Sebagai orang yang pertama, tentunya akan mendapatkan penilaian khusus.

Belum lagi, Bachrun bukan orang baru. Karena di Pilkada 2020, PKB berhasil mengantarkannya sebagai wakil bupati berpasangan LM Rusman Emba.

Namun, untuk mendapatkan rekomendasi semua tergantung keputusan DPP dengan melihat hasil servei. Di kabupaten, pihaknya hanya sebatas melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Besok Batas Akhir Pengembalian Formulir Pendaftaran Balon Bupati Kolaka Utara di PBB

"InsyaAllah, PKB akan memilih calon yang bermanfaat bagi daerah dan partai," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Muna, Jafaruddin mengaku, belum bisa menggaransikan pintu partai buat Bachrun. Sebab, ada tiga balon yang mendaftar yakni, La Ode Kardini, La Ode Husunah Ringa Jhon dan Bachrun Labuta. Ketiganya memiliki peluang yang sama.

Secara kelembagaan, saat ini masih berporses dengan melihat kecukupan Parpol koalisi. Bila telah ada rekomendasi salah satu Parpol, akan lebih memudahkan mendapatkan rekomendasi.

"Prinsipnya, kami berharap masih menginginkan bersama-sama Bachrun," tandas Jafaruddin. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS 

Baca Juga