Buah-buahan Laku Keras Selama Ramadan

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 05 April 2023
0 dilihat
Buah-buahan Laku Keras Selama Ramadan
Salah satu komoditas pangan yang laris saat Ramadan adalah buah-buahan. Hingga memasuki dua pekan Ramadan, berbagai jenis buah laku keras. Foto: Elfinasari/Telisik

" Salah satu komoditas pangan yang laris saat Ramadan adalah buah-buahan "

BAUBAU, TELISIK.ID - Salah satu komoditas pangan yang laris saat Ramadan adalah buah-buahan. Hingga memasuki dua pekan Ramadan, berbagai jenis buah laku keras.

Menurut Sirwa, seorang pedagang buah yang biasa berjualan di Kota Baubau, merasa senang karena dagangannya laku keras selama Ramadan.

"Sebelum Ramadan, biasanya omzet saya per harinya mencapai Rp 700 ribu. Namun saat Ramadan, omzet saya meningkat drastis hingga jutaan," ujarnya sambil tersenyum, Rabu (5/4/2023).

Sirwa menjelaskan, buah-buahan yang dijualnya diambil dari beberapa tempat yang berbeda yaitu Palopo, Enrekang, Poso dan juga dari kota Raha. Lokasi kios buahnya berpusat di dua tempat. Lokasi pertama tidak jauh dari arah air terjun Tirta Rimba dan lokasi kedua tidak jauh dari Hotel Zenith Baubau.

Baca Juga: Sepekan Masuk Ramadan Harga Bahan Pokok di Kolaka Timur Masih Tinggi

Untuk lokasi penjualannya cukup strategis, karena satu arah jalan yang menghubungkan Kota Baubau dan penyeberangan feri ke pelabuhan Labuan Bajo, sehingga orang yang melintas biasanya membeli buah untuk dinikmati sepanjang jalan. Untuk hari biasa, buka dari pukul 09.00-23.00 Wita.

Sirwa menjelaskan, buah yang paling laris dijualnya adalah semangka. Selain itu, ia juga menjual berbagai jenis buah-buahan lainnya seperti apel, pear, manggis, rambutan, jeruk, langsat dan lainnya.

Baca Juga: Semarak Ramadan Kota Baubau Berdayakan UKM

Menurut Erna, pembeli buah mengatakan, ia sering membeli buah-buahan untuk berbuka puasa karena akan dibuatkan es buah.

"Hampir setiap hari berbuka dengan es buah, buka dengan es buah segar aja gitu," tuturnya.

Pembeli lainnya, Dayu, mengaku membeli buah karena ada hari raya Purnama Kedasa (hari raya umat Hindu), ia lebih memilih membeli buah-buahan di pinggir jalan karena lebih praktis dan satu arah dengan rumahnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga