Buat Hand Sanitizer dari Jeruk, Mahasiswa IAIN Kendari Lolos OASE PTKIN se-Indonesia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 25 November 2021
0 dilihat
Buat Hand Sanitizer dari Jeruk, Mahasiswa IAIN Kendari Lolos OASE PTKIN se-Indonesia
Mahasiswa IAIN Kendari saat buat hand sanitizer dari jeruk. Foto: Ist.

" Karya Inovasi Nanoteknologi mahasiswa IAIN Kendari, Satriyadi Bilyan Salangga dan Pramanda Alfhandy berhasil lolos ke babak final Olimpiade, Agama, Sains dan Riset (OASE) I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry Nanggroe Aceh Darussalam "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari kembali menunjukkan prestasinya di tingkat nasional.

Kali ini, Karya Inovasi Nanoteknologi mahasiswa IAIN Kendari, Satriyadi Bilyan Salangga dan Pramanda Alfhandy berhasil lolos ke babak final Olimpiade, Agama, Sains dan Riset (OASE) I Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia yang diselenggarakan di UIN Ar-Raniry Nanggroe Aceh Darussalam.

Kedua mahasiswa Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ini, mengembangkan Jeruk Etno Tolaki, tanaman lokal daratan Sulawesi Tenggara sebagai bahan baku pembuatan Hand Sanitizer.

Menurut penelitian, Jeruk Etno tolaki memiliki kandungan senyawa bioaktif yang efektif membunuh mikroorganisme.

Baca Juga: Di Usia 7 Tahun, Fakultas Ilmu Budaya UHO Alami Kemajuan Pesat

Potensi lokal ini yang dalam bahasa setempat disebut Munde Inahu dikembangkan sebagai bahan alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk hand sanitizer selama masa pandemic COVID-19.

Pembuatan hand sanitizer TiO2 Nano Karbon dihasilkan dari protype alat visualisasi berbasis elektrokimia. Protype ini diharapkan dapat menghasilkan hand sanitizer yang diaplikasikan sebagai mitigasi penularan COVID-19

Wakil Rektor III IAIN Kendari, Dr. H. Herman, M.Pd.I mengatakan, lolosnya tim IAIN Kendari pada kompetisi tingkat nasional ini menambah kepercayaan diri IAIN Kendari dalam menghasilkan berbagai karya inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Pada lomba karya inovasi ini kami bersaing dengan lebih dari 140 perguruan tinggi keagamaan Islam terkemuka di Indonesia. Alhamdulillah bisa sampai ke babak fina ini sudah prestasi yang luar biasa. Mudah-mudahan pada saat presentasi mereka bisa meraih nilai tertinggi,” harapnya, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Dies Natalis, Universitas Mandala Waluya Hadirkan Pameran Pendidikan

Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd, saat melepas kontingen OASE, pada Rabu (24/11/2021), menitip pesan dan memberikan motivasi kepada peserta untuk memaksimalkan kemampuan dalam mempresentasikan hasil karya inovasinya.

“Bukan hal yang mudah untuk menyisihkan peserta dari perguruan tinggi lainnya, oleh karena itu saya berharap tim pembimbing dapat melakukan pendampingan terutama untuk konten presentasi yang menentukan kemenangan tim pada sesi final nanti. Tetap semangat dan kita berharap tim ini akan mengharumkan nama IAIN Kendari pada kompetisi perdana ini,” tambah rektor.

OASE merupakan transformasi dari kegiatan yang semula bernama pekan ilmiah olahraga sebu dan riset yang kemudian dikembangkan menjadi dua even yaitu OASE dan pecan Seni olahraga Mahasiswa nasional PESONA. (B-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga