Buaya Kembali Gegerkan Warga Poleang

Mutarfin, telisik indonesia
Senin, 13 April 2020
0 dilihat
Buaya Kembali Gegerkan Warga Poleang
Kondisi buaya saat dievakuasi tim BKSDA Sultra. Foto: Ist.

" Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, buaya ini akan kami lepaskan ke habitatnya di Taman Nasional Rawa Aopa. "

KENDARI, TELISIK.ID -  Untuk kesekian kalinya, buaya kembali menampakkan dirinya. Kali ini warga Desa Biru, Kecamatan Poleang Timur, Kabupaten Bombana, dikejutkan dengan kemunculan seekor buaya.

Kepala Wilayah II Bagian Konservasi BKSDA Sultra, La Ode Kaida, menyatakan, awalnya pihaknya menerima laporan masyarakat melalui hotline call center BKSDA bahwa ada penampakan buaya yang ukurannya tidak kecil.

"BKSDA Sultra mendapat informasi dari warga masyarakat bahwa ada seekor buaya yang ditemukan oleh warga sedang melintas di sekitar sawah yang sedang terhimpit pohon di sebuah kubangan air," ungkapnya Senin (13/4/2020).

Baca juga: Seorang Wanita di Kolaka Dibiarkan Terkapar di Pinggir Jalan

Ia kembali menjelaskan, pada tanggal 12 April 2020 pukul 07.00 Wita, tim Rescue BKSDA Sultra berangkat ke lokasi dengan menggunakan kendaraan operasional BKSDA Sultra. Setiba di Desa Biru, tim bertemu dengan Pemerintah Desa yaitu Sekretaris Desa dan Babinkamtibmas untuk berkoordinasi perihal buaya tersebut.

Ukuran buaya panjang 3 meter, lingkaran badan 55 cm, berjenis kelamin jantan dan termasuk jenis buaya rawa (Crocodylus Palusitris). Satwa buaya tersebut dievakuasi dengan cara digotong menuju mobil.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, buaya ini akan kami lepaskan ke habitatnya di Taman Nasional Rawa Aopa," pungkasnya.

 

Reporter: Mutarfin

Editor: Rani

Baca Juga