Budidaya Bawang Merah Bakal jadi Program Prioritas di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 07 Juni 2023
0 dilihat
Budidaya Bawang Merah Bakal jadi Program Prioritas di Muna Barat
Kerjasama antar Pemda Muna Barat dan Bima terkait budidaya bawang merah. Foto: Ist.

" Siapkan lahan pertanian seluas 10 hektare, Pemda Muna Barat canangkan Kecamatan Lawa dan Wadaga dijadikan lahan budidaya bawang merah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Siapkan lahan pertanian seluas 10 hektare, Pemda Muna Barat canangkan Kecamatan Lawa dan Wadaga dijadikan lahan budidaya bawang merah.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, bawang merah sebagai salah satu penyumbang inflasi daerah, maka budidaya bawang merah akan menjadi salah satu program prioritas di sektor pertanian.

Untuk itu, pemerintah daerah nantinya akan bekerja sama dengan kelompok tani dan pemilik lahan dalam program budidaya bawang merah.

Baca Juga: Labfor Makassar Belum Bisa Simpulkan Penyebab Kebakaran Dinas PUPR Muna Barat

"Rencananya 5 hektare di Lawa dan 5 hektare di Wadaga," ungkap Bahri, Rabu (7/6/2023).

Budidaya bawang merah ini program baru bagi masyarakat, maka Pemda Muna Barat gandeng Kabupaten Bima untuk dapat memberikan pelatihan bagi kelompok tani, dengan target dapat menciptakan petani bawang merah profesional.

Untuk itu, sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam melaksanakan program tersebut, pihaknya telah melakukan demplot budidaya bawang merah di tiga kecamatan, yaitu di Tiworo Tengah, Tiworo Selatan, serta di Wadaga dengan luas lahan sekitar 5 hektare.

Demplot itu bertujuan untuk menguji coba tingkat kesuburan tanah, dengan menggunakan media tanam, jarak tanam yang tepat, dan veritas untuk dapat mengetahui spesifikasi lokal yang produktif.

Baca Juga: Petani Profesional Bima Didatangkan ke Muna Barat

Sementara itu, Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri, menyambut baik usulan kerjasama antar daerah tersebut, selain menyuplai bawang merah, pihaknya akan mengirimkan para petani profesional ke Muna Barat.

"Ini dalam rangka alih teknologi, alih pengetahuan dalam mengelola lahan, sampai pada pasca panen," ungkapnya.

Olehnya itu, Pemda Muna Barat dalam menyambut para petani dari Kabupaten Bima, pihaknya akan membangun rumah inap bagi para petani bawang tersebut hingga pasca panen. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga