Budidaya Bawang Merah di Muna Barat Sukses Panen Perdana

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 11 Oktober 2023
0 dilihat
Budidaya Bawang Merah di Muna Barat Sukses Panen Perdana
Pj Bupati Muna Barat, Bahri, saat turun bersama kelompok tani melakukan panen perdana bawang merah. Foto: Ist.

" Pemda akan terus memberikan dukungan kepada kelompok tani agar bawang merah menjadi salah satu komoditi unggulan di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Hasil kerja sama dengan Pemda Bima dan Enrekang, berupa budidaya bawang merah, telah dirasakan hasilnya oleh kelompok tani di Kabupaten Muna Barat.

Diketahui, sebelumnya Pemda Muna Barat telah melakukan kerja sama antar daerah yakni dengan Pemda Bima dan Enrekang dalam hal budidaya bawang merah. Pemda Muna Barat menyiapkan sekitar 10 hektare tanah dengan enam kelompok tani yang tersebar di Tiworo Raya meliputi Desa Wulanga Jaya, Mekar Jaya, Parura Jaya, dan Kasimpa Jaya.

Sementara untuk kelompok tani di wilayah Lawa Raya yaitu Desa Lailangga, dan di wilayah Kusambi Raya meliputi Desa Umba, Pemda juga telah menyalurkan bibit sebanyak 7,2 ton serta dibagikan pada masing masing kelompok sekitar 1,2 ton.

Untuk itu, Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, hasil dari kerja sama itu telah dirasakan oleh kelompok tani,  khususnya kelompok tani di Desa Abadi Jaya, Kecamatan Maginti dan Desa Kasimpa Jaya, Kecamatan Tiworo Selatan.

Ditandai dengan dua kelompok tani telah melakukan panen raya bersama Pemda Muna Barat, yang mana hasilnya cukup memuaskan yakni kelompok tani di Abadi Jaya hasilnya sekitar 10,3 ton dan di Kasimpa Jaya mencapai 9,3 ton.

Baca Juga: Budidaya Bawang Merah Bakal jadi Program Prioritas di Muna Barat

Atas hasil panen tersebut, Bahri memberikan apresiasi kepada kedua kelompok tani. Pasalnya, dua kelompok tani itu dianggap sukses memberi contoh pada gerakan tanam bawang merah di Muna Barat.

“Alhamdulillah, gerakan tanam bawang merah kita di dua desa ini sangat memuaskan, selanjutnya panen raya ini akan dilanjutkan pada titik berikutnya,” ungkap Bahri, Rabu (11/10/2023).

Sebagaimana diketahui, bawang merah merupakan salah satu penyumbang inflasi di Muna Barat. Pasalnya, stok bawang merah yang beredar di pasaran Muna Barat, bergantung pada daerah lain.

Olehnya itu, Pemda akan terus memberikan dukungan kepada kelompok tani agar bawang merah menjadi salah satu komoditi unggulan atau berusaha menjadikan Muna Barat sebagai daerah penghasil bawang merah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Muna Barat, Nestor Jono mengaku bahwa gerakan tanam bawang merah ini difokuskan pada enam titik, yang mana masing-masing desa menyiapkan satu hektare lahan kosong sebagai demplot budidaya bawang merah dengan hitungan setiap hektare bisa ditanami sekitar 155 ribu bibit bawang dengan luas tanam 20×20 cm.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Datangkan Bawang Merah dari Enrekang

“Alhamdulillah metode tanam ini sangat berhasil. Ini akan menjadi patokan kita dalam hal budidaya bawang merah ke depan,” katanya.

Nestor katakan, program budidaya bawang merah ini merupakan salah satu program strategis Pj Bupati Muna Barat dan ke depan Pemda akan terus mendorong budidaya ini dengan memberikan bantuan bibit bawang merah kepada kelompok tani.

Selanjutnya, ia menyebutkan jika dilihat dari iklim saat ini, petani Muna Barat masih bisa eksis, sehingga langkah ini juga dipersiapkan dalam menghadapi natal dan tahun baru ke depan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga