Buka Bisnis Kecil-kecilan, Mahasiswa UHO Ini Raih Omzet Jutaan Rupiah

Ayu Safitri, telisik indonesia
Kamis, 29 Februari 2024
0 dilihat
Buka Bisnis Kecil-kecilan, Mahasiswa UHO Ini Raih Omzet Jutaan Rupiah
Berkat usaha dan kegiatannya, Arwan berhasil buka bisnis kecil-kecilan hingga raih omzet jutaan. Foto: Instagram Arwanlatif018

" Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang mengalami himpitan ekonomi, Arwan memberanikan diri membuka usaha, meski tak memiliki keahlian khusus membuat kue "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk membangun sebuah bisnis tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Asalkan tekun, rajin, jeli mencari peluang dan terus berusaha. Bisa saja usaha yang kita tekuni itu akan menjadi besar suatu hari nanti.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Arwan Latif, seorang mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Awal mulanya, sebagai mahasiswa tingkat akhir yang mengalami himpitan ekonomi, Arwan mencoba memberanikan diri untuk membuka usaha. Jujur saja, kata Arwan, saat itu dirinya tak memiliki keahlian khusus soal membuat kue.

Berlatar belakang anak seorang pedagang kue dan bantuan aplikasi YouTube, ia mempelajari resep gabin fla selama 3 bulan. Tak tanggung-tanggung, ia merogoh kocek Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta, memasak di kos-kosan dengan alat seadanya, hingga menawarkan dagangannya pada teman dan via online. Jatuh bangun yang dilaluinya tidak membuat Arwan minder dan putus asa.

Dari situlah Arwan iseng membuka bisnis pertamanya dan sukses membuka 3 cabang sekaligus yang masih bertahan hingga saat ini.

Baca Juga: Ide Bisnis Sederhana Mahasiswa, Bisa Bayar Kost hingga Biaya Kuliah

“Saya belajar otodidak saja. Siapa yang tidak tahu Gabin Fla, Kue yang hampir semua orang bisa membuatnya.  Alhamdulillah, berkat tekad yang kuat, doa dan usaha, saya berhasil,” jelasnya.

Sebagai pemula di Kota Kendari, Arwan bercerita awal mula ia membuka bisnisnya dengan mempromosikan jualannya melalui akun TikTok miliknya, dengan jumlah followers pada saat itu 2000 lebih, Arwan mengaku awal buka saat itu masih sepi peminat.

"Waktu itu saya kan punya akun TikTok dan coba buat video jualan, saya tidak sadari ternyata videoku banyak yang nonton dan viral saat itu. Disitulah setiap hari laku terus daganganku, habis terus, Alhamdulillah,"

Benar saja, dari satu, dua kemudian bertambah banyak pesanan yang dia terima. Mulai mendapat respons yang baik, sejak saat itu ia semakin serius menggarap bisnisnya hingga dapat menyelesaikan studinya.

Meski tak lagi viral, Arwan mengaku hingga saat ini omzetnya masih bertahan dengan rata-rata pendapatan tiap outlet Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta per hari. Hingga saat ini ia memiliki 3 outlet Gabin Fla dan outlet untuk usaha sambal baby cumi yang baru ia buka.

Untuk outlet Gabin fla tersebar di tiga titik yaitu di Jalan Bunga Seroja, Kambu, Kecamatan Kendari dan Baruga.

Baca Juga: Bisnis Rujak, Pasutri Ini Bisa Jual Ratusan Porsi Per Hari

Ramadhan, salah seorang karyawan Gabin Fla milik Arwan yang berada di Jalan Bunga Seroja, mengatakan untuk harga gabin fla cukup bervariasi, tergantung rasa dan toping apa yang diinginkan oleh costumer.

"Kalau untuk rasanya beda-beda kak, ada yang original, taro, tiramisu, tapi yang paling best seller disini itu varian rasa coklat, " kata dia.

Selain itu, menurut dia, untuk harganya pun termasuk ramah di kantong. Misalnya original Rp 15.000/box, untuk varian rasa lain Rp 20.000/box, sedangkan untuk campur 2 varian rasa ditambah toping di banderol dengan harga Rp 23.000/box.

Salah seorang pembeli, Aisa, mengungkapkan ia sudah pernah membeli gabin fla tersebut sebelumnya, namun ia membeli lagi karena penasaran dengan varian rasa lain yang ingin ia coba.

"Iya, datang beli lagi yang rasa tiramisu pakai toping keju, sebelumnya varian rasa coklat dengan toping milo saya beli, " ujarnya. (A)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga