adplus-dvertising

Buka Pelatihan Bela Negara, Wabub Butur: Kita Maju Kalau Miliki Wawasan Kebangsaan

Aris, telisik indonesia
Jumat, 29 Oktober 2021
814 dilihat
Buka Pelatihan Bela Negara, Wabub Butur: Kita Maju Kalau Miliki Wawasan Kebangsaan
Wakil Bupati Buton Utara, Ahali saat memberikan sambutan di hadapan peserta pelatihan Pendahuluan Bela Negara. Foto: Protokol Setda Buton Utara

" Penanaman pentingnya bela negara dan wawasan kebangsaan itu, kata dia, ditujukan khususnya kepada generasi muda dan pelajar di Kabupaten Butur "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Wakil Bupati Buton Utara (Butur), Kompol (Purn) Ahali, S.H, M.H mengatakan, pentingnya bela negara dan wawasan kebangsaan untuk ditanamkan kepada setiap warga negara Indonesia.

Penanaman pentingnya bela negara dan wawasan kebangsaan itu, kata dia, ditujukan khususnya kepada generasi muda dan pelajar di Kabupaten Butur.

"Kita maju kalau memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, sekuat apapun pengaruh budaya luar (globalisasi) masuk di daearah, tidak akan mempengaruhi budaya lokal kita kalau warganya memiliki wawasan kebangsaan yang kuat," ucapnya saat membuka secara resmi Pelatihan Pendahuluan Bela Negara, Jumat (29/10/2021).


Ahali menjelaskan, negara Indonesia baik di masa sejarah perjuangan kemerdekaan, pasca kemerdekaan sampai kepada masa reformasi pemerintahan menunjukan bahwa setiap perubahan pasti selalu melibatkan peran pemuda.

Lebih lanjut, tambah Ahali, dalam aktualisasi kehidupan berbangsa dan bernegara, setiap bangsa di dunia memiliki cara pandang terhadap bangsa dan tanah airnya masing-masing.

Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, S.H., M.H saat memberikan sambutan pada Pelatihan Pendahuluan Bela Negara. Foto: Ist.

 

"Cara pandang dan kebangsaannya itu kemudian disebut sebagai wawasan kebangsaan," jelasnya.

Bangsa Indonesia memiliki wawasan kebangsaannya sendiri sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila.

Dengan demikian, lanjut Ahali, bela negara dan wawasan kebangsaan menjadi penting untuk ditanamkan kepada setiap warga negara Indonesia, khususnya para pelajar.

Baca Juga: Minimalisir Dampak Bencana Alam, Jatim Kebut Restorasi Mangrove

Baca Juga: Perangkat Desa Tuntut Pembayaran Honor dan Copot Sekretaris DMPD

Oleh karena itu, kata Ahali, perlu disosialisasikan kepada segenap lapisan masyarakat secara terus menerus, bukan hanya sekedar menjadi sebuah gerakan sesaat, tetapi harus diupayakan secara berkesinambungan.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) mempunyai visi dan misi Buton Utara yang lebih maju, adil dan sejahtera. Ini bagian dari upaya memelihara dan memantapkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Idonesia sebagai daerah yang ada di wilayah NKRI.

"Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Butur melalui Badan Kesbangpol menyelenggarakan kegiatan pelatihan bela negara yang akan mampu meningkatkan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Dalam pelatihan bela negara itu, Ahali berharap kepada para peserta pelatihan untuk memahami secara mendalam materi-materi tentang bela negara dan wawasan kebangsaan.

"Pengenalan fisik dan tata cara baris-berbaris, kedisiplinan dan tanggung jawab. Menanamkan nilai-nilai perjuangan, lebih mencintai dan menghargai tanah air dan menjadi kader, pelopor, dalam menjaga keutuhan NKRI," pungkasnya.

Diketahui, Pelatihan Pendahuluan Bela Negara itu diikuti 20 pelajar dari perwakilan SMA dan SMK tingkat Kabupaten Butur yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Butur di salah satu hotel di Butur, Jumat (29/10/2021). (C-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga