adplus-dvertising

Buka Pendaftaran, Bawaslu Muna Inginkan Panwascam Beritegritas

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 22 September 2022
497 dilihat
Buka Pendaftaran, Bawaslu Muna Inginkan Panwascam Beritegritas
Kordiv SDM Organisasi Data Informasi Bawaslu Muna, Ali Darma memantau pendaftaran panwascan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dari 22 kecamatan di Bumi Sowite, Bawaslu membutuhkan 66 panwascam. Masing-masing kecamatan tiga orang terdiri dari satu ketua dan dua anggota "

MUNA, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muna mulai membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pemilihan legislatif dan presiden.

Dari 22 kecamatan di Bumi Sowite, Bawaslu membutuhkan 66 panwascam. Masing-masing kecamatan tiga orang terdiri dari satu ketua dan dua anggota.

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim menginginkan panwascam yang lolos seleksi nantinya mampu menjaga komitmen dan berintegritas dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pemilu, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan baik.


"Kita berharap panwascam dapat memastikan penyelenggaraan pemilu berlangsung jujur sehingga menghasilkan pemimpin yang berintegritas," kata pria yang akrab disapa Bram, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Pabrik Tepung Tapioka Siap Dibangun di Desa Kampani

Sementara itu, Kordiv SDM Organisasi Data Informasi Bawaslu Muna, Ali Darma menerangkan, pendaftaran panwascam telah dibuka sejak Rabu, 21 September dan akan berakhir pada 27 September mendatang.

Setelah pendaftaran berakhir, dilanjutkan dengan penelitian berkas administrasi. Kemudian, dilakukan pengumuman berkas yang selanjutnya pelaksanaan tes tertulis online sistem CAT.

Baca Juga: Mulai Dibangun, Patung Oputa Yi Koo Jadi Ikon Sejarah Bangsa

Namun, seleksi panwascam tahun ini berbeda dari yang sebelumnya. Dimana, peserta tidak serta merta setelah mengikuti tes tertulis langsung tes wawancara. Berdasarkan keputusan Balwaslu Nomor 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwascam Pemilu, ada sistem gugur pada tes tertulis bila pendaftaran lebih dua kali kebutuhan.

"Pelantikan panwascam pada 26-28 Oktober. Setelah pelantikan, mereka langsung bekerja," ujar Ali Darma.

Untuk honor anggota panwascam bersumber dari APBN. Besarannya, ketua Rp 2,2 juta dan anggota Rp 1,9 juta. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga