Buka Penerimaan Maba, Politeknik Bina Husada Kendari Siapkan Berbagai Beasiswa

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Buka Penerimaan Maba, Politeknik Bina Husada Kendari Siapkan Berbagai Beasiswa
Politeknik Bina Husada Kendari membuka penerimaan mahasiswa baru, yang terbagi menjadi empat Program Studi. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Politeknik Bina Husada Kendari membuka penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) sejak 2 Januari lalu dan akan berakhir 30 Agustus mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Politeknik Bina Husada Kendari telah membuka penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) sejak 2 Januari lalu dan akan berakhir 30 Agustus 2022 mendatang, yang terbagi dalam empat Program Studi (Prodi).

Prodi pertama D3 Farmasi, kemudian D3 Laboratorium Medis, D3 Kesehatan Gigi dan D4 Akuntansi Perpajakan. Untuk setiap Prodi, masing-masing ditargetkan 100 kuota Maba.

Wakil Direktur I Bidang Akademik, Muh Asdar Setiawan mengatakan, kalaupun jumlah pendaftar lebih dari 100 orang per Prodi, tidak ada masalah karena itu hanya target saja.

Untuk Prodi D4 Akuntansi Perpajakan, merupakan Prodi yang masih muda dan izinnya baru terbit pada Desember 2021 lalu. Alasan dibukanya Prodi tersebut karena melihat kondisi lapangan saat ini, tidak ada tenaga yang memang basicnya terampil khusus untuk mengurus pajak.

"Iya, masih baru ini. Karena kita melihat kondisi, apa lagi sekarang kan susah mengurus pajak," katanya.

Baca Juga: Menuju Indonesia Emas 2045, BEM Nusantara Sultra Berkolaborasi

Lanjut Asdar mengungkapkan, bagi calon Maba pihaknya telah menyiapkan beberapa macam beasiswa. Ada beasiswa yayasan, serta ada beasiswa rekanan dengan pemerintah kabupaten.

"Seperti di Bombana, Morowali dan Konawe Kepulauan," sebutnya.

Kemudian ada beasiswa dari Kementerian yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan yang terbaru beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu dari segi finansial termasuk yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Untuk syarat agar bisa mendapatkan beasiswa, menurut Asdar simpel saja, tergantung mau pilih beasiswa yang mana. Kalau untuk beasiswa yayasan, IPK minimal 3,0 serta dari segi finansial orang tua calon Maba memiliki keterbatasan.

Lalu tambahan syarat lain yang bersifat administrasi, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan.

"Jadi kalau kami di sini, tidak terlalu banyak syarat, tidak mau bikin pusing orang lain," ucapnya.

Untuk penerimaan Maba, Asdar telah menekankan kepada pihak panitia agar Maba diarahkan dan dipastikan untuk mendaftar di portal atau link yang resmi Politeknik Bina Husada Kendari.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini, Siswa SMAN 1 Tiworo Tengah Kenakan Kebaya dan Baju Adat

Kemudian, ia berpesan kepada calon Maba dalam memilih Prodi agar mengembalikan kepada diri sendiri dan kemampuan yang dimiliki. Serta menyarankan, agar melihat peluang kerja ke depannya.

"Itu yang paling utama. Jangan memilih prodi yang sudah banyak lulusannya tapi lapangan kerjanya susah kecuali dia berwirausaha baru bisa," ungkapnya.

Untuk di Politeknik Bina Husada Kendari, Asdar menyapampaikan bahwa ada mata kuliah Kewirausahaan dan Lembaga Pusat Karier, yang salah satu fungsinya untuk memberikan bimbingan pelatihan basic training kepada anak-anak mahasiswa di bidang usaha.

Berdasarkan hal tersebut, pada tahun 2021 Politeknik Bina Husada Kendari mendapatkan ranking pertama untuk pengelolaan pusat karir.

Menurutnya, semua perguruan tinggi memiliki keunggulan masing-masing. Namun ia berpesan jika ingin cepat kerja, pilihlah Perguruan Tinggi Vokasi, yang basicnya 60 persen praktik dan 40 persen teori.

"Kalau kami di sini Politeknik fokus vokasi," pungkasnya.

Untuk informasi pendaftaran bisa melalui Website, polbinhus.ac.id dan sipenmaru.polbinhus.ac.id juga bisa menghubungi nomor, 0852-9933-8062 (Rika) dan 0822-9350-0779 (Bulan). (C-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga