Bukan Cuma Dihukum Mati, Presiden China Ajak Pejabat Wisata ke Penjara dan Lihat Derita Koruptor

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 02 Mei 2023
0 dilihat
Bukan Cuma Dihukum Mati, Presiden China Ajak Pejabat Wisata ke Penjara dan Lihat Derita Koruptor
Mengajari pejabat di China untuk anti korupsi, mereka diajak study tour ke penjara koruptor. Foto: Repro Chinadaily

" 70 anggota Partai Komunis, pejabat tinggi, bersama pasangan dan keluarga mereka diajak menghabiskan satu hari di penjara, "sebagai peringatan yang mendidik" "

BEIJING, TELISIK.ID - Presiden China memiliki cara unik untuk memperingatkan para pejabatnya agar tidak korupsi, yaitu dengan mengajak mereka wisata keliling penjara dan melihat penderitaan para koruptor.

Wisata ini dilakukan di penjara sebelah timur provinsi Hubei. Sebanyak 70 anggota Partai Komunis, pejabat tinggi, bersama pasangan dan keluarga mereka diajak menghabiskan satu hari di penjara, "sebagai peringatan yang mendidik".

Selain keliling penjara, para peserta juga menyambangi para koruptor dan mantan atasan-atasan mereka yang ditahan atas kasus penyuapan atau penyalahgunaan wewenang.

Sepanjang dinding penjara terpampang foto-foto interogasi para tersangka korupsi. Diharapkan cara ini memberikan efek jera dan takut bagi para pejabat agar tidak menggelapkan uang rakyat.

"Pemandangan yang mengejutkan melihat para mantan pejabat menunjukkan penyesalan mereka saat dihukum di penjara," ujar seorang pegawai pemerintah Hubei dilansir dari CNNIndonesia.com.

Baca Juga: Bukan Hanya Indonesia, Negara Ini Miliki Dukun Pengganda Uang

Dengan kunjungan ke penjara itu, diharapkan para pejabat enggan korupsi jika tidak ingin senasib dengan para napi tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin, jika berani menguntit uang negara, maka mereka bisa divonis mati.

Cerita calon pejabat di China yang diharuskan tur ke penjara ini memantik perhatian publik setelah diposting oleh akun @mediainfo_id di Instagram. Ada warganet menyebutnya sebagai ide yang sangat bagus untuk mencegah korupsi.

Baca Juga: Warga Negara Ini Punya Tradisi Buang Orang Tua yang Sakit ke Hutan hingga Meninggal

"Yap, wakil rakyat study tour ke sana nice idea kaykny," ucap @ax_chan9 dilansir dari Kumparan.com.

"Disni kalau liat sel koruptor, bukannya takut tpi makin semangat," celetuk @totoabdurrahman.

"Kalau disini penjaranya kayak hotel bintang 5, makanya banyak yang pengen jadi koruptor," timpal @oddy_virgo_. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga