Bukan Cuma Jualan dan Jadi Konten Kreator, Ini 11 Cara Cari Cuan di TikTok

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 15 September 2023
0 dilihat
Bukan Cuma Jualan dan Jadi Konten Kreator, Ini 11 Cara Cari Cuan di TikTok
TikTok bukan hanya sosial media berisi video-video lucu, tapi bisa jadi ladang cuan. Foto: Repro Sindonews.com

" TikTok adalah peluang cuan baru bagi UMKM maupun konten kreator. Ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan uang dari TikTok "

KENDARI, TELISIK.ID - TikTok kini menjadi platform media sosial yang banyak digunakan masyarakat. Hal ini menjadikan TikTok peluang cuan baru bagi UMKM maupun konten kreator.

Dilansir dari Cnbcindonesia.com dan Sindonews.com, ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan uang dari TikTok. Berikut rangkumannya blog Niagahoster.

1. Jadi Influencer

Anda perlu jadi influencer untuk bisa mendapatkan uang dari TikTok. Dengan begitu bisa bekerja sama dengan brand sebagai media promosi. TikTok juga dibekali beragam fitur yang bisa memudahkan seseorang mendapatkan uang.

Mulai dari Creator Fund, Brand Takeover dan Branded Hashtag Challenge. Jika tertarik menjadi influencer, Anda perlu berfokus pada topik tertentu. Selain itu juga konsisten membuat konten dan interaksi dengan followers.

2. Sponsored Content

Anda juga bisa membuat sponsored content. Ini adalah konten yang dibuat dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan brand. Konten dibuat bisa dalam bentuk review, endorsement, atau promosi lain.

Baca Juga: Waspada AI, Ini Skill yang Harus Dimiliki untuk Pekerjaan Masa Depan

Ternyata ini juga tak hanya bisa dilakukan oleh akun dengan jutaan pengikut. Brand kecil hingga menengah juga memburu kreator dengan followers ribuan untuk bekerja sama.

3. Mendaftar TikTok Affiliate

Program ini memungkinkan kreator mempromosikan produk dan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Anda hanya tinggal menambahkan link afiliasi produk pada keranjang kuning saat membuat konten video.

Jadi saat ada pengguna TikTok lain menekan link tersebut, Anda akan langsung mendapatkan pemasukan. Namun perlu dicatat terdapat syarat dan ketentuan untuk bisa mengikuti program TikTok Affiliate.

4. Misi TikTok

Uang juga bisa didapatkan dengan menjalankan misi TikTok. Misalnya mengundang teman atau menonton sebuah video. Setiap misi yang berhasil diselesaikan, Anda akan mendapatkan hadiah berbentuk uang ataupun koin.

Konten video yang diunggah juga bisa mendapatkan exposure lebih besar.

5. Berjualan Produk

TikTok memiliki fitur berbelanja bernama TikTok Shop. Pengguna bisa membeli langsung barang yang diinginkan langsung dari TikTok tanpa membuka aplikasi lagi.

Anda bisa mendapatkan uang dengan berjualan produk lewat layanan tersebut. Selain berjualan seperti di marketplace, TikTok Shop juga dilengkapi dengan fitur live untuk mempromosikan barang dengan siaran langsung.

Untuk menjadi penjual di TikTok Shop, daftar lebih dulu dan diikuti syarat dari aplikasi. Berikutnya unggah produk seperti di marketplace lain, tunggu hingga ada pengguna yang tertarik membeli produk tersebut.

6. TikTok Ads

Sama seperti sejumlah media sosial lain, TikTok juga dilengkapi dengan TikTok Ads. Fitur iklan ini juga bisa dimanfaatkan untuk Anda mendapatkan uang. Iklan bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan yang Anda jual. Termasuk meningkatkan trafik ke website, marketplace lain atau toko sendiri.

7. TikTok Creator Fund

Program ini memungkinkan pengguna TikTok untuk mendapatkan uang jika video dianggap menarik, banyak disukai followers, dan mendapatkan engagement yang tinggi. Untuk ikut dalam TikTok Creator Fund, pengguna harus memenuhi syarat yakni memiliki setidaknya 100 ribu views dalam 30 hari terakhir.

8. Live Gifting

TikTok memiliki fitur live yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Yakni dengan menarik donasi saat siaran dilakukan. Pengguna TikTok yang menonton siaran tersebut bisa memberikan stiker gift sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga: 10 Aplikasi Data Recovery Terbaik, Bisa Kembalikan Data yang Terhapus

Gift ini dapat ditukar dengan koin atau uang tunai. Untuk bisa membuka donasi saat live, TikTok memiliki persyaratan yang perlu dipatuhi.TikTok Pengguna tersebut harus memiliki minimal 1.000 followers dan berusia 16 tahun.

9. Mempromosikan Musik

Cara lain adalah dengan mempromosikan lagu pada video pendek yang diunggah. Jika Anda punya followers dan engagement besar, bisa saja musisi memberikan bayaran setelah musiknya dipromosikan di dalam video.

10. Jasa Admin TikTok

Pekerjaan admin media sosial sudah dikenal sejak mulai banyak promosi dilakukan di dalam platform tersebut. Anda juga bisa mendapatkan uang dengan melamar menjadi admin, termasuk untuk TikTok.

Anda perlu memahami dunia pemasaran dan strategi content marketing, mengembangkan ide kreatif hingga mengelola tawaran kerja sama. Selain itu juga paham cara konten yang diunggah viral dan masuk FYP, agar bisa dilihat banyak orang.

11. Menjual Akun TikTok

Anda juga bisa mendapatkan cuan dengan menjual akun TikTok. Jadi Anda dapat membangun akun hingga besar dan menumbuhkan followers dengan cepat. Praktik bisnis jual beli akun sudah sering terjadi. Sebab tidak semua bisnis bisa membangun akun berskala besar dari nol. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga