Bukan Cuma Kering, Ini Penyebab Miss V Gatal Setelah Berhubungan Seks

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 15 September 2023
0 dilihat
Bukan Cuma Kering, Ini Penyebab Miss V Gatal Setelah Berhubungan Seks
Kondisi Miss V gatal usai berhubungan seks, bisa disebabkan oleh berbagai hal. Foto: Morulaivf.co.id

" Miss V gatal bisa disebabkan karena kondisinya yang kering. Akibatnya, saat penetrasi hubungan seks akan membuat iritasi dari gesekan "

KENDARI, TELISIK.ID - Miss V gatal usai berhubungan seks pasti sangat mengganggu wanita dan menimbulkan perasaan tak nyaman saat beraktivitas. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan rasa gatal tersebut?

Dilansir Suara.com-jaringan Telisik.id dari Healthy, Miss V gatal bisa disebabkan karena kondisinya yang kering. Akibatnya, saat penetrasi hubungan seks akan membuat iritasi dari gesekan.

Hal tersebut yang akhirnya membuat Miss V menjadi gatal setelahnya. Namun, kondisi Miss V gatal ini bisa juga disebabkan karena berbagai hal lainnya.

Dikutip dari Republika.co.id, berikut beberapa kemungkinan penyebab Miss V gatal setelah berhubungan seks.

Baca Juga: Bukan Cuma Kurang Foreplay, Ini Penyebab Miss V Sakit Saat Berhubungan Seks

1. Sperma

Rasa gatal pada Miss V bisa terjadi karena sperma. Pada beberapa kasus, wanita bisa alami alergi sperma sehingga membuat Miss V gatal usai berhubungan seks. Hal ini terjadi karena sperma mengandung protein sehingga sebabkan rasa gatal.

Bukan hanya gatal, ketika alergi sperma ini biasanya pada Miss V juga timbul gejala lainnya mulai dari kemerahan, pembengkakan, rasa nyeri, hingga rasa terbakar. Bahkan, kemungkinan bagian tubuh lain juga bisa alami gejala serupa jika terkena sperma.

2. Alergi lateks

Hal lain yang bisa sebabkan rasa gatal pada Miss V yaitu karena adanya alergi lateks pada kondom. Bahan kondom yang terbuat dari lateks ini akan memberikan rasa gatal jika terkena Miss V. Rasa gatal sendiri biasanya akan muncul usai berhubungan seks.

Baca Juga: Miss V Gatal Setelah Berhubungan Seks, Ini Penyebabnya

3. Infeksi menular seksual (IMS)

Miss V gatal juga bisa disebabkan karena IMS. Kondisi satu ini merupakan penyakit yang menular karena kontak seksual, melalui vaginal, anal, ataupun oral. Biasanya, rasa gatal ini juga diikuti permasalahan lain seperti gatal, terbakar, hingga kesemutan di vagina.

Kondisi Miss V yang alami IMS ini juga sering timbul masalah seperti rasa sakit saat buang air, adanya luka, bintik, benjolan, titik putih di celana sebagai tanda kutu kemaluan, keputihan, hingga pendarahan saat menstruasi.

Permasalahan-permasalah tersebut harus diperiksa dengan dokter ahli yang menangani. Pasalnya, jika Miss V gatal dibiarkan, akan sangat mengganggu serta bisa berbahaya bagi kesehatan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga