Bukan Cuma Manusia, Negara Ini Wajibkan Sapi Punya KTP

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Bukan Cuma Manusia, Negara Ini Wajibkan Sapi Punya KTP
Sapi di India harus punya kartu identitas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan peternak dengan produksi susu, agar negara terhindar dari kemiskinan. Foto: Repro Okezonenews

" Pemerintah India melalui perdana menteri Narendra Modi membuat kebijakan unik, tiap sapi harus punya kartu identitas "

NEW DELHI, TELISIK.ID - Pemerintah India melalui perdana menteri Narendra Modi membuat kebijakan unik, tiap sapi harus punya kartu identitas. Padahal selama ini yang wajib mempunyai kartu identitas atau kartu tanda penduduk (KTP) hanyalah warga yang berusia 17 tahun ke atas.

Untuk menyukseskan program unik tersebut, Pemerintah India mengerahkan seratus ribu petugas untuk memasang label warna kuning di telinga hewan tersebut. Dilansir dari Liputan6.com, program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan peternak dengan produksi susu pada tahun ini agar negara terhindar dari kemiskinan.

Kartu penduduk masing-masing sapi akan diserahkan kepada pemiliknya. Selain kartu, terdapat juga dokumen yang bisa dipakai untuk mencatat kegiatan hewan mamalia tersebut.

Melansir Tempo.co, kartu identifikasi hewan itu nantinya disimpan pemiliknya sehingga mereka dapat mendeteksi kegiatan serta kabar setiap hewan ternak melalui informasi online.

Baca Juga: Wali Kota di Negara Ini Wajib Nikahi Buaya Betina, Tujuannya Bikin Kaget

Baca Juga: Nenek Seksi Ini Ungkap Sudah Tiduri 270 Orang Pasca Bercerai

Informasi itu akan memastikan siklus ternak dipantau, dan memungkinkan penelitian ilmiah untuk meningkatkan tingkat reproduksi dan produksi susu yang berkualitas.

Untuk meminimalkan hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap hewan itu, label yang terpasang dirancang khusus bisa bertahan selama bertahun-tahun dengan bobot hanya seberat delapan gram.

Ini bukan kali pertama sapi di India diberikan kartu identitas, tapi tidak pernah dilakukan secara besar-besaran. Pada 2007, penjaga perbatasan mulai mengeluarkan kartu identitas bagi sapi yang ada di daerah desa di Bengal Barat untuk menangani kegiatan penyelundupan hewan ternak ke negara tetangga, Bangladesh. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga