Bukan Cuma Mario Dandy, Ini 4 Anak Pejabat yang Doyan Pesta hingga Culik Pengantin Orang

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
Bukan Cuma Mario Dandy, Ini 4 Anak Pejabat yang Doyan Pesta hingga Culik Pengantin Orang
Selama pemerintahan ayahnya, Al-Saadi Gaddafi dikenal karena gaya hidupnya yang mewah. Foto: The Guardian

" Bukan hanya membuatnya ditahan dan kini jadi tersangka, ulah Mario Dandy juga menyeret sang ayah keluar dari jabatannya di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak "

KENDARI, TELISIK.ID - Bukan hanya membuatnya ditahan dan kini jadi tersangka, ulah Mario Dandy juga menyeret sang ayah keluar dari jabatannya di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Seperti diketahui, tersangka kasus penganiayaan terhadap D (17), Mario Dandy Satriyo, merupakan putra dari Rafael Alun Trisambodo, seorang pejabat Ditjen Pajak.

Mario Dandy melakukan penganiayaan yang menyebabkan korban D sempat mengalami koma dan kini masih dalam perawatan intensif.

Gaya hidup Mario Dandy hingga kekayaan sang ayah pun disoroti buntut kasus penganiayaan tersebut. Mario Dandy terpantau melalui media sosialnya kerap pamer gaya hidup glamor, salah satunya dengan kendaraan mewahnya.

Baca Juga: Polisi Periksa 10 Saksi Kasus Penganiayaan Mario Dandy Satrio

Bahkan, segera setelah berita penganiayaan oleh Mario Dandy viral, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun mencopot Alun Trisambodo dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan II.

Menyusul kemudian Rafael Alun Trisambodo menyatakan pengunduran dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Lebih jauh lagi, akibat ulah Mario Dandy, integritas Kementerian Keuangan dipertanyakan dan muncul masalah kepercayaan publik terhadap lembaga tersebut.

Masyarakat menyoroti bagaimana ulah satu orang anak pejabat merembet ke berbagai hal. Soal hal serupa, ada sederet anak 'pejabat' dunia yang terkenal dengan tingkah polahnya yang membuat orang geleng-geleng kepala.

Selain penganiayaan atau kekerasan seperti yang dilakukan Mario Dandy, ada berbagai pola tak wajar lainnya dari anak-anak 'pejabat' ini, dari doyan pesta hingga culik pengantin dilansir dari Intisari.grid.id:

1. Teodoro Nguema Obiang Mangue, Anak Diktator Guinea Ekuatorial

Teodoro Nguema Obiang Mangue menjalani gaya hidup playboy mewah. Ia adalah putra Presiden Guinea Ekuatorial, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo. Mangue kini juga menjabat sebagai wakil presiden.

Melansir litverse.com, Mangue dilaporkan memiliki aset senilai lebih dari $71 juta, uang yang diyakini telah dicuri dari negaranya yang miskin.

Di antara barang-barang mewah tersebut adalah Ferrari senilai $500.000, mansion Malibu senilai $30 juta, dan jet Grumman Gulfstream senilai $38,5 juta.

Sementara itu, The New York Times melaporkan pada tahun 2004 bahwa Mangue adalah "pengusaha musik rap dan bon vivant, yang menyukai Lamborghini dan perjalanan jauh ke Hollywood dan Rio de Janeiro".

Ia juga menuai kritik dari media internasional karena menghabiskan hampir R 10.000.000 selama akhir pekan di Afrika Selatan untuk sampanye, renovasi properti, Bentley Arnage 2004 hitam, Bentley Continental R 2005 krim dari MG Rover Cape Town dan Lamborghini Murcielago 2005.

2. Al-Saadi Gaddafi, Anak Pemimpin Libya

Mengutip dailymail.co.uk, selama pemerintahan ayahnya, Al-Saadi Gaddafi dikenal karena gaya hidupnya yang mewah.

Ia memperlakukan liga sepak bola Libya sebagai mainannya sendiri, bermain untuk beberapa tim dan pada satu titik dia menjadi pelatih nasional.

Pada tahun 1996 saat pertandingan yang dihadirinya, aparat keamanan melepaskan tembakan hingga menewaskan beberapa penonton, sedangkan pada tahun 2005 ia juga diduga membunuh Bashir al-Riyani, seorang pemain populer yang merupakan pengkritik rezim.

Dia melarikan diri ke Niger ketika ayahnya digulingkan dan dibunuh pada tahun 2011, tetapi diekstradisi kembali ke Libya di mana dia dibebaskan dari kejahatan termasuk pembunuhan.

3. Uday Hussein, Anak Diktator Irak

Jika berbicara anak pejabat atau diktator dengan kelakuannya yang kejam, pasti Uday Hussein tak ketinggalan dalam daftar.

Saddam Hussein sendiri dikenal sebagai salah satu diktator paling kejam dalam sejarah. Sementara itu sang anak, Uday Hussein, dikenal sering menunjukkan kecenderungan yang mematikan.

Pada tahun 1988, Uday dilaporkan memukul penguji makanan dan pengawal ayahnya sampai mati. Uday pun dipenjara, namun telah dibebaskan hanya 40 hari kemudian oleh sang ayah.

Selanjutnya ia terus 'memelihara' reputasinya sebagai playboy, pemerkosa, pembunuh, dan orang yang sadis. Salah satu yang paling terkenal dari Uday Hussein adalah penculikan pengantin pada akhir 1990-an.

Ketika itu dia datang tanpa undangan dan tepat setelah Uday meninggalkan aula, sang mempelai wanita lenyap dan pesta pernikahan hancur. Bukan hanya sekali, ia kembali melakukan hal serupa pada tahun 2003.

Baca Juga: Sempat Membaik, Kini David Idap Diffuse Axonal Injury

4. Jean-Claude 'Baby Doc' Duvalier, Anak Presiden Haiti 

Jean-Claude 'Baby Doc' Duvalier menjalani kehidupan yang sangat manja. Ia dilaporkan akan menembakkan senjata dengan liar, setelah memukul dan membunuh sopir limusin dan dua pengawalnya.

Jean-Claude Duvalier menggantikan ayahnya sebagai presiden Haiti saat masih berusia 19 tahun. Duvalier pun memerintah dengan cara yang sama seperti ayahnya, menjarah uang dan sumber daya negara, hidup dalam pemborosan berlebihan, dan mengabaikan kesehatan dan kesejahteraan ekonomi dan rakyat.

Baru pada tahun 1986 orang-orang akhirnya memberontak melawan 'Baby Doc' dan menyingkirkannya dari kekuasaan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga