Bukan iPhone, Ini Penguasa Pasar HP di Seluruh Dunia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 20 Oktober 2023
0 dilihat
Bukan iPhone, Ini Penguasa Pasar HP di Seluruh Dunia
Pasar HP masih terus anjlok dan sudah memasuki kuartal ke-9 berturut-turut. Secara keseluruhan, penjualan HP global turun 8 persen di Q3-2023 YoY. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Samsung masih merajai pasar HP dunia dengan pangsa pasar 20 persen pada Q3 2023. Namun, penjualannya menurun 13 persen secara tahun ke tahun "

KENDARI, TELISIK.ID – Banyak dari kita mungkin mengira pasar HP banyak dikuasai merek China seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lainnya, atau tak sedikit yang berpendapat iPhone jadi merek HP terlaris di dunia.

Dilansir dari Cnbcindonesia.com, Samsung masih merajai pasar HP dunia dengan pangsa pasar 20 persen pada Q3 2023. Namun, penjualannya menurun 13 persen secara tahun ke tahun (YoY). Pasar HP memang masih terus anjlok dan sudah memasuki kuartal ke-9 berturut-turut. Secara keseluruhan, penjualan HP global turun 8 persen di Q3-2023 YoY, menurut laporan Market Pulse dari firma riset Counterpoint.

Kendati begitu, masih ada secercah harapan karena bertumbuh 2 persen secara kuartal-ke-kuartal (QoQ). Posisi Samsung yang konsisten di nomor 1 menunjukkan ketangguhan pabrikan Korea Selatan itu menghadapi masa sulit.

Counterpoint mengatakan performa Samsung disokong oleh penjualan Z Flip 5 yang hampir dua kali lipat lebih banyak ketimbang pesaingnya di pasaran. Selain itu, seri Galaxy A juga masih menjadi pemimpin di segmen kelas menengah, dikutip dari laporan Counterpoint, Kamis (19/10/2023).

Sementara itu, di posisi kedua ada Apple yang meraup 16 persen pangsa pasar, meski penjualannya menurun 9 persen YoY. Penjualan iPhone 15 diprediksi akan memberikan 'kabar' buruk bagi Apple untuk laporan kuartalan berikutnya.

Baca Juga: Segini Perbandingan Harga iPhone 15 dengan iPhone 14

Sebab, di 17 hari pertama penjualan iPhone 15, angkanya dilaporkan turun 4,5 persen ketimbang iPhone 14. China yang merupakan pasar penting bagi Apple agaknya tak terlalu berminat dengan iPhone 15. Posisi pabrikan Cupertino tersebut lengser ke nomor 2, dikalahkan Huawei.

Xiaomi, Oppo, dan Vivo, menempati posisi ke-3 hingga ke-5 secara berurutan. Sementara itu, Honor, Huawei, dan Transsion Group menunjukkan pertumbuhan tipis. Secara kolektif, gabungan pabrikan HP lainnya menguasai 34 persen pangsa pasar smartphone dengan pertumbuhan penjualan 2 persen.

Baca Juga: Deretan Hp Keluaran Terbaru Beserta Harganya, Rilis Oktober di Indonesia

Dikutip dari Kumparan.com, berikut lima penguasa pasar HP di dunia.

1. Samsung

2. Apple

3. Xiaomi

4. Ovo

5. Vivo. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga