Buku Harry Potter Cetakan Pertama Tembus Hingga Harga Ratusan Juta

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 14 Juli 2023
0 dilihat
Buku Harry Potter Cetakan Pertama Tembus Hingga Harga Ratusan Juta
Buku Harry Potter pertama yang diterbitkan pada tahun 1997 dilelang dan laku terjual Rp 205 juta di Lichfield, Inggris. Foto: Kompas.com

" Buku Harry Potter pertama yang diterbitkan pada tahun 1997 dilelang dan laku terjual Rp 205 juta di Lichfield, Inggris "

LICHFIELD, TELISIK.ID - Buku Harry Potter pertama yang diterbitkan pada tahun 1997 dilelang dan laku terjual Rp 205 juta di Lichfield, Inggris.

Buku yang bertajuk "Harry Potter and the Philosopher's Stone" itu merupakan edisi pertama karangan J.K. Rowling dan dulunya cuma seharga Rp 588 ribu.

Pada awalnya, buku tersebut dibeli oleh seorang kolektor asal Staffordshire yang sudah meninggal secara tak terduga di usia 55 tahun pada awal 2023 seperti dikutip dari Kompas.com.

Pihak keluarganya mengatakan, mereka tahu pria itu punya buku novel fantasi Harry Potter yang langka tapi mengira kalau bukunya sudah hilang.

Baca Juga: Sebelum Tidur dengan Pasangan, Pria Suku Ini Wajib Tinggal dengan Kambing

Melansir Sinarharapan.co, buku ini ternyata merupakan satu dari 500 salinan edisi pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone.

Buku tersebut dilelang bersama Richard Winterton Auctioneers di The Lichfield Auction Centre, Fradley Park, pada tanggal 10 Juli.

Buku ini diperkirakan akan mencapai harga antara 3.000 pound hingga 5.000 pound karena kondisinya yang masih bagus sebagai buku bekas perpustakaan.

Para juru lelang Richard Winterton mengungkapkan kegembiraan mereka dengan hasil penjualan ini.

Buku tersebut merupakan salinan pertama dari seri buku asli karya JK Rowling, yang terlihat telah banyak dibaca dan masih memiliki stiker perpustakaan.

Dia menambahkan bahwa saudara laki-lakinya memang seorang pecinta buku, tetapi pria itu juga kerap menjual buku-buku koleksinya sejak masih sekolah.

Baca Juga: HP Lipat Kim Jong Un saat Pantau Peluncuran Rudal Korea Utara Bikin Heboh, Diselundupkan Diam-Diam

Pihak pelelangan yang mencari data kolektor buku langka akhirnya menemukan data dan mengunjungi keluarga tersebut untuk mencari buku yang kini sudah sangat langka itu.

Kemudian buku Harry Potter akhirnya ditemukan setelah tim dari Richard Winterton Auctioneers (juru pelelang) memeriksa barang-barangnya. Buku yang diterbitkan sejak 16 tahun lalu itu adalah salah satu dari 300 eksemplar yang dikirim ke perpustakaan dan dibeli dari Perpustakaan Wolverhampton.

Sebelumnya di beberapa negara lain juga sempat ada beberapa novel Harry Potter edisi pertama yang dijual di sejumlah pusat lelang dengan harga yang fantastis. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga