Bupati Butur Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan

Aris, telisik indonesia
Kamis, 31 Maret 2022
0 dilihat
Bupati Butur Pantau Harga Sembako Jelang Ramadan
Bupati Butur, Ridwan Zakariah pantau harga sembako di Pasar Mina-minanga, Kulisusu. Foto: Ist

" Bupati Buton Utara (Butur), Muh Ridwan Zakariah, memantau langsung harga sembako dan pemanfaatan fungsi parkir kendaraan roda empat dan dua di pusat perbelanjaan pasar sentral Mina-minanga "

BUTON UTARA, TELISIK.ID -  ?Menjelang puasa ramadan, Bupati Buton Utara (Butur), Muh Ridwan Zakariah, memantau langsung harga sembako dan pemanfaatan fungsi parkir kendaraan roda empat dan dua di pusat perbelanjaan pasar sentral Mina-minanga, Kulisusu, Kamis (31/3/2022).

Kunjungan bupati di pasar Mina-minanga itu didampingi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Bitur, LM Karya Jaya Hasan, Kepala Bagian Pembangunan, Garni dan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), Laode Abdul.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindag Laode Abdul mengatakan, saat ini stok bahan kebutuhan pokok masyarakat di pasar Mina-minanga seperti minyak goreng, terigu, beras, dan sayur-mayur masih tersedia, kecuali daging dapat diperoleh di rumah potong hewan Kelurahan Wandaka.

"Namun demikian, ada beberapa bahan terjadi fluktuasi atau kenaikan harga, terutama minyak goreng terbilang mahal," lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Konawe Meroket

Baca Juga: Pasar Murah Disperindag Buteng Padat Pembeli, Emak-Emak Protes Tak ada Minyak Goreng

Ia menambahkan, harga minyak goreng, terutama minyak curah di tingkat penjual berkisar Rp 50.000 per liter masih terbilang mahal. Menurutnya, harga tersebut lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 11 Tahun 2022, yakni Rp 14.000 sampai Rp 15.500 per liternya.

Bupati Butur, Ridwan Zakariah pantau harga sembako di Pasar Mina-minanga, Kulisusu. Foto: Ist

 

Melihat kondisi tersebut, Bupati Butur, Ridwan Zakariah meminta dinas terkait khususnya Perindag dan Satpol PP untuk melakukan operasi penertiban pasar secara rutin.

"Demi terciptanya kondusifitas, terutama pengoptimalan ruang dan fungsi pasar yang tersedia serta memastikan stabilitas harga tetap aman dari spekulan menjelang bulan suci ramadan 1443 H," tandasnya. (B-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga