Bupati Kolut: Al-Qur'an Modal dan Solusi Permasalahan Bangsa

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 29 April 2021
0 dilihat
Bupati Kolut: Al-Qur'an Modal dan Solusi Permasalahan Bangsa
Sekertaris Daerah Kolaka Utara, Dr. Taufiq Sonda, SP. MM saat membacakan sambutan Bupati Kolaka Utara dalam peringatan malam Nuzulul Qur'an. Foto: Muh. Risal H

" Tetapi memberikan prinsip-prinsip dasar yang memungkinkan terjadinya pola keseimbangan hidup pada masyarakat yang pada gilirannya menciptakan suasana tenteram sehingga tercipta masyarakat baldatun wa robbun ghafur "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Dalam rangka memperingati malam turunnya Al-Qur'an tepatnya 17 Ramdan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menggelar kegiatan peringatan malam Nuzulul Qur'an.

Bertajuk Mewujudkan Generasi Madani yang Aktif, Inspiratif, dan Inovatif Dalam Belajar dan Mengamalkan Al-Qur'an, kegiatan tersebut digelar di Masjid Agung Bahrurrasyad wa Ittihad Lasusua, Kamis (28/4/2021) malam.

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dalam sambutanya yang dibacakan Sekertaris Daerah (Sekda) Kolut, Dr. Taufiq Sonda, SP. MM mengungkapkan, nilai-nilai Al-Qur'an yang  sempurna dan universal diperuntukkan bagi manusia yang berkebudayaan dan berkepribadian maju.

Memberikan banyak  pesan yang harus diamalkan bagi kehidupan sehari-hari sebagai petunjuk umat manusia  dan orang-orang bertakwa.

Substansi ajaran Al-Qur'an sebenarnya tidak dimaksudkan untuk menciptakan masyarakat yang seragam di seluruh belahan bumi dan sepanjang masa.

"Tetapi memberikan prinsip-prinsip dasar yang memungkinkan terjadinya pola keseimbangan hidup pada masyarakat yang pada gilirannya menciptakan suasana tenteram sehingga tercipta masyarakat baldatun wa robbun ghafur," tuturnya.

Bupati mengajak semua masyarakat untuk mempelajari Al-Qur'an dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya demi mewujudkan generasi madani yang aktif, inspiratif, dan inovatif di Kolaka Utara.

Baca Juga: Lansia Yang Hilang Ditemukan Dalam Keadaan Lemas dan Linglung

Saat ini lanjutnya, bangsa tengah dihadapkan pada ujian pandemi COVID-19 kebersamaan dan ketaatan atas komitmen bersama yang diajarkan Al-Qur'an adalah modal dan solusi atas permasalahan bangsa.

"Termasuk mengatasi wabah COVID-19 kita harus optimis bahwa wabah COVID-19 insya Allah bisa segera kita atasi bersama," terangnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, Al-Qur'an mengajarkan bahwa Allah SWT tidak akan menguji suatu hamba di luar batas kemampuannya  sebagaimana tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

"Saya berharap bulan Ramadan ini dapat kita jadikan momentum  untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman penghayatan dan pengamalan kita terhadap ajaran Al-Qur'an. Bukankah kebaikan seseorang tergantung interaksinya terhadap Al-Qur'an sebagai mana hadis dari Ibnu Mas'ud sebaik-baik kalian yang pelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya," bebernya.

Dalam kaitan itu kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara telah melakukan berbagai program di antaranya, peringatan hari-hari besar Islam, bantuan pembangunan masjid, pemberdayaan zakat profesi bagi ASN yang sudah berlangsung sejak tahun 2008 lalu, pelaksanaan safari Ramadan, ASN Madani, dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

"Kita tentu berharap bahwa dengan program itu kita dapat membangun keluarga Qur'ani, masyarakat Qur'ani, dan generasi Qur'ani di Kabupaten Kolaka Utara," harapnya.

Baca Juga: Tertunda 6 Bulan, Abdurrahman Saleh Terima SK Ketua PODSI Sultra

Hikmah Peringatan Nuzulul Quran kali ini di isi oleh Prof. Dr. Said Mahmud, Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo.

Kegiatan yang berlangsung dengan protokol kesehatan COVID-19 ini dihadiri pula Ketua DPRD Kolaka Utara beserta anggota, Kepala OPD lingkup Pemkab Kolut, dan masyarakat Kota Lasusua.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Telisik.id, Bupati Kolaka Utara Drs. H. Nur Rahman Umar, MH tidak sempat menghadiri peringatan tersebut karena melakukan perjalanan luar daerah dan Wakil Bupati, H. Abbas, SE tengah menjalani masa pemulihan pasca operasi. (B-Adv)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga