adplus-dvertising

Bupati Kolut Dianugerahi Manggala Karya Kencana dari BKKBN

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 13 Oktober 2020
1232 dilihat
Bupati Kolut Dianugerahi Manggala Karya Kencana dari BKKBN
Bupati Kolut, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH bersama Ketua Penggerak PKK Kolut, Dra. Hj. A. Nurhayani Rahman, dan Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Drs. Asmar, M.Si. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Tahun ini baru dapat terealisasi 2 rumah data dari 3 rencana awal dan mudah-mudahan pada tahun yang akan datang semuanya dapat terealisasi. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Utara (Kolut), Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020.

Penghargaan itu diberikan atas prestasi, dedikasi, dan komitmennya sebagai kepala daerah dalam pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau dikenal dengan Program Bangga Kencana, di Kabupaten Kolaka Utara.

Penyematan dan penyerahan penghargaan dilakukan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. Asmar, M.Si, di aula Kantor Bupati Kolaka Utara, Selasa (13/10/2020).


“Manggala Karya Kencana ini merupakan penghargaan tertinggi di BKKBN yang diberikan kepada Bapak Bupati Kolaka Utara atas prestasi, dedikasi, dukungan, dan komitmennya terkait program-program pengembangan keluarga bencana di Kolaka Utara. Saya mengamati selama ini setiap kegiatan atau program dari kami selalu dicapai dengan baik berkat dukungan Bupati Kolaka Utara," ungkap Asmar.

Baca juga: Ganti Aparat Desa, Kades di Bombana di-RDP

Sementara itu, Bupati Kolaka Utara mengungkapkan, khusus untuk program Bangga Kencana, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bersama dengan Tim Penggerak PKK serta seluruh masyarakat telah berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih terhadap pelaksanaan program tersebut.

Dengan meningkatkan kepesertaan ber-KB, pemakaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), dan menurunkan angka Unmeet Need (peserta KB yang tidak mendapatkan pelayanan) di Kolaka Utara sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Walaupun demikian, lanjut bupati, penguatan Kampung KB yang sampai saat ini belum memberikan hasil yang optimal, khususnya keterlibatan lintas sektor atau keterlibatan OPD lain dalam melaksanakan intervensi di Kampung KB.

Serta pembangunan rumah data, sebagaimana yang telah disampaikan pada pertemuan Pokja tahun 2019 di Masjid Agung, terkait pembangunan rumah data di setiap Kampung KB.

"Tahun ini baru dapat terealisasi 2 rumah data dari 3 rencana awal dan mudah-mudahan pada tahun yang akan datang semuanya dapat terealisasi," kata Nur Rahman.

Baca juga: Longsor dan Kekeringan Mengancam, Bendungan Linggis Tak Kunjung Tuntas

Sementara penyusunan grand desaign pembangunan kependudukan, akan dimulai penyusunan anggarannya di tahun 2021.

Untuk pembinaan ketahanan keluarga dengan mengacu pada 8 fungsi keluarga, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara bersama dengan Tim Penggerak PKK telah melaksanakan beberapa program antara lain, mengimbau masyarakat dan memerintahkan ASN untuk bersama-sama tadarus Al-Quran di masjid-masjid setiap malam Jumat.

"Menguatkan peran Tim Penggerak PKK untuk membina keluarga menuju keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas, serta menguatkan Kelompok Kegiatan (Poktan) seperti BKB, BKR, BKL, PIK-R dan UPPKS melalui pembinaan yang tidak hanya dilakukan oleh BPPKB, tapi turut melibatkan seluruh mitra kerja," jelasnya.

Namun, karena sekarang ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19, maka hal tersebut belum dapat terlaksana secara maksimal.

Meskipun berbagai program Bangga Kencana yang telah diagendakan pemerintah belum dapat terlaksana secara maksimal, namun kader Demokrat ini yakin jika dengan semangat filosofi bugis "Resopa temmangingi namalomo naletei pammase Dewata" yang artinya hanya dengan kerja keras dan ketabahanlah, yang melapangkan ridha dari Allah SWT semua dapat terwujud," tutupnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga