adplus-dvertising

Bupati Konawe Harap Imunisasi Masyarakat Mampu Bangkit dari COVID-19

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 27 Mei 2022
331 dilihat
Bupati Konawe Harap Imunisasi Masyarakat Mampu Bangkit dari COVID-19
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menghadiri kegiatan perencanaan BIAN tingkat Kabupaten Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengajak kepada semua instansi terkait maupun masyarakat Konawe, guna mensukseskan kegiatan imunisasi anak "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengajak kepada semua instansi terkait maupun masyarakat Konawe, guna mensukseskan kegiatan imunisasi anak, sebagai upaya bangkit dari kondisi pendemi COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan Kery Saiful Konggoasa saat membuka kegiatan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Kabupaten Konawe tahun 2022,  bertempat di SDN 1 Unaaha, Jumat (27/5/2022).

Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya mengatakan, tidak dapat pungkiri, akibat wabah virus COVID-19 yang melanda di semua penjuru negeri di tahun 2022, sangat berdampak pada penurunan cakupan imunisasi yang signifikan.


Di tingkat global lanjut Kery, cakupan imunisasi kian menurun dari angka 86 persen pada tahun 2019 menjadi 83 persen di 2020. Sementara di Indonesia sendiri, juga mengalami penurunan cakupan imunisasi dasar dari 93,7 persen tahun 2020 menjadi 77,3 persen di 2021.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat membuka kegiatan BIAN. Foto: Aris Syam/Telisik

 

"Sehingga dapat mengakibatkan timbulnya daerah-daerah yang berpotensi menjadi sumber penyakit yang sangat menular dan menimbulkan kejadian yang luar biasa," kata Kery.

Baca Juga: Stop Berpolemik, Mari Bantu Pj Bupati Muna Barat Bangun Daerah

Orang nomor satu di Konawe itu menjelaskan, pada tahun 2020 ditemukan sebanyak 93.913 kasus campak dan 7.420 untuk kasus rubella, sedangkan pada tahun 2018 telah dilaporkan sebanyak 33 kasus polio per tahun, kasus pertusis sebanyak 151.000. Juga diperkirakan 34.000 bayi meninggal akibat tetanus.

"Ada beberapa penyakit yang sangat menular (infeksius) dan dapat mengakibatkan kematian, seperti campak, rubella, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis dan polio yang masih banyak ditemukan di dunia," imbuhnya.

Antuasime para pelajar SDN 1 Unaaha mengikuti kegiatan BIAN. Foto: Aris Syam/Telisik

 

Olehnya itu, Kery menyampaikan, melalui pelaksanaan BIAN tingkat Kabupaten Konawe tahun 2022 dengan mengusung tema, sehatkan keluarga lewati pendemi dengan imunisasi lengkap, diharapkan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan kesadaran semua elemen masyarakat, demi memberikan cakupan imunisasi disemua kelompok umur guna terhindar dari berbagai penyakit.

"Sehingga dengan kegiatan BIAN ini, kita harapkan semua instansi yang terkait dan masyarakat turut berperan mensukseskan program ini, sebagai bentuk upaya bangkit dari kondisi pendemi COVID-19," jelas mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat melihat langsung para pelajar disuntik imunisasi. Foto: Aris Syam/Telisik.

 

Di kesempatan yang sama, Kery juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap jajaran tim kesehatan, lintas sektor dan seluruh masyarakat Konawe yang telah berjuang untuk membangun bangsa yang sehat, berkualitas dan kuat.

Baca Juga: Bupati Muna Terima Dokumen Transpolitan Mutiara, Pembangunan Dimulai 2023

"Terimakasih atas partisipasinya yang saling bahu-membahu demi mewujudkan daerah atau bangsa kita, menjadi keluarga sehat dan berkualitas," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga