Bupati Konawe Lepas Kontingen Pramuka Ikuti Rainas ke Jakarta

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 08 Agustus 2023
0 dilihat
Bupati Konawe Lepas Kontingen Pramuka Ikuti Rainas ke Jakarta
Pelepasan kontingen Pramuka kwartir cabang Konawe untuk mengikuti Rainas ke Jakarta. Foto: Ist.

" Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Konawe, melepas kontingen Raimuna Nasional (Rainas) XII 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Konawe, melepas kontingen Raimuna Nasional (Rainas) XII 2023, di halaman kantor bupati.

Rainas adalah pertemuan Pramuka Penegak Pandega tingkat nasional yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali, dengan tujuan sebagai sarana mempersatukan persaudaraan dan meningkatkan kecakapan dan kualitas generasi muda.

Diketahui, jumlah kontingen Rainas Kwartir Cabang (Kwarcab) Konawe tahun 2023 sebanyak 51 orang dengan rincian, peserta putra 27 orang, peserta putri 24 orang, serta pembina dan peninjau dengan total 124 orang.

Kery Saiful Konggoasa mengatakan, peserta kontingen Rainas Konawe ini adalah peserta pilihan terbaik, yang telah melewati serangkaian proses seleksi.

KSK menyebut, kwartir cabang gerakan Pramuka Konawe merupakan kwartir cabang yang mengirim kontingen pada Raimuna Nasional terbanyak se-kwartir daerah Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Lepas Kontingen Pramuka Konawe ke Cibubur, KSK: Jaga Nama Baik Daerah

Untuk itu lanjut KSK, sebagai generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemimpinan daerah, peserta Pramuka di Konawe diharapkan menggali potensi diri untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang handal.

"Kegiatan Rainas nanti bisa menambah pengalaman yang baik, membentuk kepribadian, disiplin, dan taat hukum bagi generasi muda Konawe," ucap Kery.

Persiapan pelepasan kontingen Pramuka kwartir cabang Konawe untuk mengikuti Rainas ke Jakarta. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Rainas juga sebagai wadah untuk penerus bangsa untuk mengimplementasikan kemampuan dan membentuk karakter dan jati diri.

KSK berpesan agar menjaga kekompakan, solidaritas kebersamaan antara sesama peserta, baik secara internal maupun dengan kontingen dari daerah lainnya.

Kery Saiful Konggoasa saat memberikan pengarahan dalam pelepasan kontingen Pramuka kwartir cabang Konawe. Foto: Ist.

 

Kery Saiful Konggoasa berharap kontingen raimuna nasional agar menjaga nama baik Kabupaten Konawe. Harumkan nama Konawe di kancah nasional.

Kery Saiful Konggoasa saat melepas kontingen Pramuka kwartir cabang Konawe. Foto: Ist.

 

"Kalian yang berangkat ini bukan hanya mewakili diri sendiri dan Pramuka, tapi mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Konawe," pesan bupati.

Melansir dari rainas12.pramuka.or.id, Raimuna Nasional XII Tahun 2023, selanjutnya disebut “Rainas XII Tahun 2023” dilaksanakan pada tanggal 14–21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Baca Juga: 32 Pramuka Penggalang Asal Muna Barat Ikut Jambore Nasional XI di Cibubur

Kegiatan ini sebagai sarana bagi sesama anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia untuk memperluas persaudaraan dan mempererat keakraban melalui kegiatan yang atraktif, inovatif, progresif, dan kreatif dalam satu kegiatan perkemahan.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan, serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega tingkat nasional sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan di masa depan.

Pada tahun 2023 ini, Raimuna Nasional mengusung tema 'Pramuka Hebat Indonesia Bangkit', dan dipusatkan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, dari tanggal 14-21 Agustus 2023. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga