Bupati Konawe Optimis Desa Ulu Benua Dapat Wakili Sulawesi Tenggara dalam Lomba Desa Tingkat Nasional

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Bupati Konawe Optimis Desa Ulu Benua Dapat Wakili Sulawesi Tenggara dalam Lomba Desa Tingkat Nasional
Tim penilai lomba kelurahan/desa tingkat Sulawesi Tenggara sambangi Desa Ulu Benua, Konawe. Foto: Ist.

" Tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat Sulawesi Tenggara, menyambangi Kabupaten Konawe dalam rangka melakukan penilaian dan evaluasi terhadap Desa Ulu Benua, Kecamatan Amonggedo, yang merupakan perwakilan dari Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat Sulawesi Tenggara, menyambangi Kabupaten Konawe dalam rangka melakukan penilaian dan evaluasi terhadap Desa Ulu Benua, Kecamatan Amonggedo, yang merupakan perwakilan dari Konawe, Minggu (9/7/2023).

Rombongan tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sulawesi Tenggara, I Gede Panca yang hadir bersama belasan anggota tim penilai dari berbagai latar belakang instansi.

Rombongan disambut tuan rumah, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK) beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Ferdinand Sapan, Ketua Tim Penggerak PKK Titin Nurbaya Saranani, sejumlah Kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan para kepala desa se-Kecamatan Amonggedo.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Gelar Silaturahmi Kebangsaan Bersama Pengurus Parpol

Kepala Desa Ulu Benua, I Made Asa mengungkapkan, desanya terbentuk dari sejarah yang cukup panjang. Desa Ulu Benua terbentuk menjadi desa persiapan sejak tahun 1994, kemudian menjadi desa definitif pada tahun 2005.

 

Kery Saiful Konggoasa saat memberikan sambutan dalam penilaian lomba desa tingkat provinsi. Foto: Ist.

 

Desa Ulu Benua mayoritas dihuni masyarakat Bali, kemudian resmi mendapatkan kode wilayahnya pada tahun 2017.

"Secara historis, Desa Ulu Benua telah ada baik sebelum maupun setelah adanya program transmigrasi. Desa ini memiliki luas kurang lebih 550 hektare," jelas I Made Asa.

Secara demografis, Desa Ulu Benua tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.263 jiwa (data tahun 2022). Jumlah tersebut terbagi atas laki-laki 673 jiwa dan perempuan 590, dengan jumlah kepala keluarga mencapai 365.

"Di Ulu Benua, sektor unggulan masyarakatnya, yakni sektor pertanian yang menyumbang pendapatan Rp 4,53 miliar dan perkebunan yang menyumbang pendapatan Rp 480,3 juta. Pendapatan ini secara signifikan telah mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di Ulu Benua," bebernya.

Sementara itu, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan menerangkan, jumlah desa tertinggal di Konawe tahun 2021 mencapai 46 dan turun jadi 14 desa tahun 2022. Desa berkembang tahun 2021 sebanyak 245 desa dan meningkat jadi 251 desa tahun 2022. Kemudian, desa maju dari hanya 3 pada tahun 2021 menjadi 26 desa pada tahun 2022.

 

Sambutan Kepala DPMD Sulawesi Tenggara, I Gede Panca dalam penilaian lomba desa tingkat provinsi. Foto: Ist.

 

Ferdinand juga mengungkapkan, pihaknya telah membaca laporan penelitian terkait dampak lomba desa terhadap peningkatan kualitas pengelolaan pemerintah desa. Hasilnya, cukup mencengangkan karena dijelaskan kelemahan aparat desa ialah tidak mengerti tupoksinya.

"Kelemahan ini yang akan terus kita dorong, sehingga pelayanan di pemerintah desa bisa lebih maksimal ke depannya," terangnya.

Tempat yang sama Kepala DPMD Sulawesi Tenggara, I Gede Panca mengaku, ketika bertandang ke Desa Ulu Benua dirinya serasa pulang kampung. Ia juga bangga ketika dirinya dan tim disambut dengan tari penyambutan khas Tolaki dan Bali, menurutnya adalah kolaborasi budaya yang luar biasa.

"Saya lihat pemerintahan di desa ini luar biasa dan tentu ini tidak lepas dari binaan langsung dari Bupati Konawe. Kami akan melakukan penilaian seobyektif mungkin dan semoga Ulu Benua bisa jadi yang terbaik," ujarnya.

I Gede Panca juga mengungkapkan, mulai Agustus mendatang, seluruh aparatur desa akan mengikuti pelatihan. Konawe menjadi salah sasaran dari program tersebut.

Sambutan Sekda Konawe, Ferdinand Sapan dalam kegiatan penilaian lomba desa tingkat provinsi. Foto: Ist.

 

"Nanti akan ada 8.000 aparatur desa yang akan ikut pelatihan secara bertahap guna meningkatkat kualitas pengelolaan pemerintah desa," jelasnya.

Baca Juga: Akibat Cuaca Ekstrem Sebuah Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Kolaka Timur

Sementara itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyebut, pihaknya percaya bahwa tim penilai akan benar-benar objektif dalam menjalankan tugasnya.

"Karena saya yakin kalau penilaiannya objektif, Desa Ulu Benua seharusnya sudah jadi juara dan jadi perwakilan Sultra ke tingkat provinsi," tegas KSK disambut tepuk tangan riuh hadirin.

KSK mengaku sangat optimis dengan keikutsertaan Desa Ulu Benua pada lomba kali ini. Ia melihat jika pemerintah Desa Ulu Benua telah menjalankan tugas-tugasnya dengan baik di bawah binaan langsung Pemkab Konawe. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga