Bupati Manggarai Ketujuh Tutup Usia di RS Siloam Labuan Bajo

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 07 April 2021
0 dilihat
Bupati Manggarai Ketujuh Tutup Usia di RS Siloam Labuan Bajo
Bupati Manggarai ketujuh, Dr. Deno Kamelus, SH. MH saat mengendarai motor menuju Kampung Lewar, Kecamatan Reok Barat setahun lalu. Foto: Berto Davids/Telisik

" Kami masih di Carep e. Beliau sakit. Mau dirawat ke Siloam. "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Kabar duka datang dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4/2021) pukul 10.30 Wita.

Bupati Manggarai ketujuh, Dr. Deno Kamelus, SH. MH dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat intens kurang lebih tiga pekan di ruangan ICU rumah sakit ternama itu.

Bupati yang menjabat di periode 2016-2021 ini dikabarkan menderita penyakit yang cukup serius sebelum dirawat di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo.

"Kami masih di Carep e. Beliau sakit. Mau dirawat ke Siloam," tulis isteri Deno Kamelus, Yeni Veronika menjawab Telisik.id melalui pesan WhatsApp beberapa pekan lalu.

Sebelumnya ia terbaring lemah di kediamannya Carep, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai selama kurang lebih sebulan. Ia baru diantar ke Rumah Sakit Siloam saat kondisinya parah.

Baca juga: Pemda Kolut Kucurkan Bantuan Rp 60 Juta untuk Peternak

Telisik.id mencoba menelusuri perkembangan perawatan mantan Wakil Bupati Manggarai 2 periode itu saat berada di Siloam, sang isteri pun memberi kabar gembira bahwa kondisi suaminya Deno Kamelus sudah membaik.

Saat itu juga ucapan doa semoga cepat sembuh berdatangan dari berbagai pihak. Tak sedikit Warganet yang mendoakan kesembuhannya.

"Puji Tuhan sudah membaik sedikit. Rencana mau dirujuk ke Jakarta," tulis Yeni saat kembali dihubungi Telisik.id beberapa hari lalu.

Kabar baik tersebut rupanya tidak berlangsung lama. Mantan Sekretaris PMKRI Cabang Kupang itu kembali dikabarkan memburuk sebelum ia menghembuskan nafas terakhir pada Selasa malam untuk penyakit yang dirahasiakan.

"RIP Deno Kamelus," tulis Abin Apul memberi kabar di salah satu group WhatsApp.

Baca juga: Unit Feri Lintas Torobulu-Tampo Bertambah Jadi 3 Kapal

"Manggarai berduka. Selamat jalan mantan Bupati Manggarai, Deno Kamelus" tulis akun OWL di salah satu group Facebook.

Kabar tersebut membawa duka mendalam bagi masyarakat Kabupaten Manggarai terutama anak, isteri dan keluarga besar.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menggelar Perayaan Ekaristi bagi pelepasan jenazah mantan orang nomor satu di Kabupaten Manggarai itu sebelum diberangkatkan ke Ruteng pada Rabu (7/4/2021) pukul 14.00 Wita.

Informasi yang dihimpun Telisik.id dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Manggarai, jenazah mantan Dosen Hukum Unika Kupang itu akan disemayamkan di Kantor Bupati Manggarai untuk upacara kenegaraan sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Lalong Karot Ruteng.

Untuk diketahui, Deno Kamelus menjabat Wakil Bupati Manggarai Periode 2006-2011 dan 2011-2016. Setelah itu ia pun terpilih sebagai Bupati Manggarai Periode 2016-2021 sebelum akhirnya kalah dalam perhelatan Pilkada 2020 lalu. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga