Bupati, Sekda dan Kepala Kementerian Agama Bombana Batal Divaksin COVID-19

Hir Abrianto, telisik indonesia
Jumat, 29 Januari 2021
0 dilihat
Bupati, Sekda dan Kepala Kementerian Agama Bombana Batal Divaksin COVID-19
Danramil 1413-06 Rumbia, Kapten Bambang saat disuntik vaksin. Foto: Hir/Telisik

" Karena vaksin ini penting sebagai upaya pemerintah dalam melawan wabah corona, maka keterlibatan seluruh stakeholder untuk mensosialisasi agar diterima baik oleh masyarakat khususnya di Bombana. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tiga pejabat utama di Bombana batal disuntikan vaksin COVID-19 saat pencanangan penyuntikan tahap I di Rujab Bupati Bombana, Jumat (29/1/2021).

Ketiga pejabat itu adalah Bupati Bombana, Tafdil, Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Man Arfa, M.Si, dan Kapala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bombana, Drs. Abdul Aziz Baking.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ketiga pejabat ini diputuskan untuk tidak disuntik atau ditunda sementara waktu karena memiliki riwayat penyakit yang berlawanan dengan vaksin COVID-19.

Bupati Bombana H. Tafdil, SE., M.M setelah melalui screening hasil pemeriksaan, hasilnya tidak dapat divaksin karena memiliki riwayat diabetes.

Sementara, Sekda Bombana Drs. Man Arfa, M.Si memiliki riwayat hipertensi dan pada saat dilaksanakan screening tensi atau tekanan darahnya meningkat menjadi 150/100 sehingga juga tidak dapat divaksin.

Sedangkan, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bombana, Drs. Abdul Aziz Baking  memiliki Riwayat penyakit gula sehingga pada saat dilaksanakan screening juga tidak memenuhi syarat untuk divaksin.

Baca juga: 10 Suntikan Vaksin Pertama Buat Bupati dan Forkopimda

Dalam kesempatan kick off penyuntikan vaksin tahap I ini, Tafdil mengungkapkan bahwa vaksinasi perlu dilakukan untuk mencapai kekebalan tubuh.

Tafdil juga meminta kepada seluruh stakeholder untuk sama-sama mensosialisasikan dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan vaksinasi.

"Karena vaksin ini penting sebagai upaya pemerintah dalam melawan wabah corona, maka keterlibatan seluruh stakeholder untuk mensosialisasi agar diterima baik oleh masyarakat khususnya di Bombana," ungkap Tafdil.

Adapun Pejabat Esensial yang berhasil mendapatkan divaksin COVID-19 pada tahap I, yakni Anggota DPD RI Dapil Sultra, Hj. Andi Nirwana Sebbu, SP., MM yang juga selaku Ketua Tim Penggerak PKK Bombana, Ketua DPRD Bombana Arsyad, S.Pd, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bombana Supriyadi, SH, Danrami Rumbia Kapten Arm Bambang Wardiyanto, Wakapolres Bombana Kompol Faisal, S.Sos, Ketua Klasis Gepsultra Bombana Marthinus Pongturunan, Ketua PHDI Bombana I Ketut Sukema, dan Koordinator Generasi Milineal  Bombana, Sukaji Ramang.

Setelah vaksinasi tahap I, pemerintah Bombana bakal kembali lakukan vaksinasi COVID-19 tahap II pada tanggal 13 Februari 2021 mendatang. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga