Bus dan Kapal Laut Disiapkan Mudik Gratis di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
Bus dan Kapal Laut Disiapkan Mudik Gratis di Jawa Timur
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membeberkan rencana pembukaan mudik gratis di Jawa Timur dimana disiapkan 161 armada bus untuk mudik gratis. Foto: Ist.

" Pemprov Jawa Timur menyediakan 161 bus dan 1 kapal laut untuk mudik gratis "

SURABAYA, TELISIK.ID - Pemprov Jawa Timur menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, ada 161 armada bus yang telah disiapkan dalam mudik gratis ini.

"Sebanyak 161 armada bus itu akan diberangkatkan dari Surabaya menuju ke 17 kabupaten/kota tujuan di Jawa Timur," jelasnya, Selasa (28/3/2023).

Tidak hanya itu, kata mantan mensos ini, Pemprov Jatim juga menyediakan mudik gratis dengan menggunakan 1 kapal laut bagi masyarakat kepulauan. Kapal tersebut bisa menampung 2.400 penumpang dan mengangkut 400 motor lebih dengan rute Jangkar-Raas.

Gubernur Khofifah mengatakan, sebelum melakukan pendaftaran online, masyarakat harus memenuhi sejumlah persyaratan pendaftaran, di antaranya dengan mengirimkan fotokopi KTP dan KK secara online, serta sudah vaksin booster.

“Pemberangakatan mudik gratis untuk area Jawa Timur akan dimulai pada tanggal 19 April 2023 dan diberangkatkan di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur,” tegasnya.

Baca Juga: Pertama Kali Digelar, Gubernur Khofifah Lepas Mudik Gratis Jakarta-Jatim

Sedangkan Kadishub Jawa Timur, Nyono mengatakan, jumlah armada yang berangkat pada tanggal 19 April 2023 sebanyak 90 bus dengan tujuan 20 kabupaten/kota.

Adapun jurusan atau rute mudik gratis di antaranya Surabaya-Madiun, Surabaya-Magetan, Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember. Selain itu, juga Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro.

Baca Juga: Tersedia Mudik Gratis Rute Jakarta-Jatim, Lonjakan Pemudik Tembus 16,8 Juta Orang

“Total bus antar kabupaten/kota di Jatim yang akan diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim sebanyak 90 armada,” ujarnya.

Selain itu, Pemprov Jawa Timur juga akan menyiapkan mudik gratis bagi masyarakat asal Jawa Timur yang tinggal dan bekerja di Ibu Kota Jakarta sebanyak 34 bus, dimana sebanyak 20 bus akan diberangkatkan pada tanggal 18 April dari Jakarta menuju Jawa Timur. Dimana titik kumpulnya yaitu di anjungan Jawa Timur TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jawa Timur menuju Jakarta sebanyak 14 bus.

“Kami juga akan menyiapkan armada bagi saudara kita yang berada di Ibu Kota Jakarta dengan 34 bus mudik balik gratis yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023 bertempat di Anjungan Jatim TMII Jakarta,” tegasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga